Pembentukan Pemerintahan Indonesia - Guru Santai

Pembentukan Pemerintahan Indonesia

Hasil Sidang PPKI 1 Sampai 3, dan Terbentuknya Indonesia - Pembentukan pemerintahan Indonesia dirumuskan lewat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). PPKI dibentuk atas inisiatif tokoh pendiri bangsa Indonesia yang bertujuan mempersiapkan pelaksanaan kemerdekaan dan kebutuhan-kebutuhan Indonesia setelah merdeka.


Hasil sidang PPKI pertama 18 Agustus 1945


Sidang pertama PPKI dilaksanakan pada 18 Agustus 1945 bertempat di Gedung Tyuuoo Sangi-In (Gedung Pancasila). Berikut ini hasil dan isi rumusan Sidang PPKI pertama:

1. Mengesahkan UUD 1945

Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 disahkan sebagai konstitusi negara Indonesia. Selain itu, hasil sidang ini adalah merevisi Piagam Jakarta yang awalnya terdapat kalimat, “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Dalam sidang ini pun akhirnya ditetapkan "Ketuhanan Yang Maha Esa" sebagai sila pertama dasar negara Pancasila. Hal ini dilakukan agar negara Indonesia dapat merangkul berbagai golongan agama.
 
2. Memilih Presiden dan Wakil Presiden RI

Atas usulan Otto Iskandardinata yang kemudian disetujui oleh forum sidang, Soekarno dan Hatta dipilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.
 
3. Membentuk Komite Nasional

Komite Nasional dibentuk sebagai komite sementara untuk membantu presiden dan wakil presiden, karena saat itu, DPR dan MPR belum dibentuk.

Hasil sidang PPKI kedua 19 Agustus 1945


Sidang PPKI kedua diadakan pada tanggal 19 Agustus 1945. Inti dari sidang ini membahas mengenai pembagian wilayah Indonesia serta aparatur negara seperti Menteri dan Departemennya. Pembagian wilayah juga membahas mengenai pemimpin dari tiap negara.

1. Pembagian Provinsi di Indonesia

PPKI memutuskan untuk membagi wilayah Indonesia menjadi delapan provinsi, yaitu Sunda Kecil, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi.


2. Membentuk Komite Nasional Daerah

Sidang kedua ini membentuk Komite Nasional Daerah (KND) yang levelnya berada berada di provinsi-provinsi yang telah dibentuk.

3. Pembentukan 12 Departemen dan Menteri

PPKI berhasil membentuk 12 departemen dan menteri-menterinya. Selain itu, terdapat juga 4 menteri negara non-departemen.


Hasil sidang PPKI ketiga tanggal 22 Agustus 1945


Sidang ketiga dan terakhir yang dilakukan PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945 menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

1. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Komite ini adalah awal mula terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). KNIP adalah Badan Pembantu Presiden yang anggota-anggotanya adalah tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai golongan dan daerah.
 
2. Membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI)

Secara umum, PNI dibentuk untuk kedaulatan rakyat dan sebagai implementasi negara Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur.
 
3. Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR)

BKR mempunyai tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban negara Indonesia. Setelah BKR resmi dibentuk, maka organisasi-organisasi lain yang memiliki tugas yang serupa seperti BKR, yaitu Heiho, PETA, dan Laskar Rakyat resmi dibubarkan.

Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Pembentukan Pemerintahan Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel