Permintaan, Penawaran, dan Harga Pasar - Guru Santai

Permintaan, Penawaran, dan Harga Pasar

Pengertian, Faktor dan Hukum Permintaan, Penawaran, dan Harga Pasar - Berikut ini adalah pengertian permintaan, penawaran dan keseimbangan serta faktor pendukungnya


Permintaan


Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. secara umum jenis permintaan adalah dikelompokkan menjadi dua. Pertama, permintaan berdasar daya beli konsumen. Kedua, jenis permintaan dilihat dari siapa yang melakukan permintaan atau jumlah konsumen.

Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan


Permintaan sendiri terjadi karena beberapa hal. Adapaun beberapa faktor yang memengaruhi permintaan adalah sebagai berikut:
Harga barang itu sendiri
  1. Perubahan harga barang yang berkaitan
  2. Tingkat pendapatan dan daya beli masyarakat
  3. Populasi penduduk
  4. Selera konsumen
  5. Adanya barang pengganti
  6. Tingkat kebutuhan terhadap suatu barang (intensitas)
  7. Mode (trend)

Penawaran


penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, periode tertentu. jenis-jenis penawaran adalah terbagi menjadi dua, yaitu 
  1. penawaran perorangan dan penawaran pasar. Penawaran perorangan adalah penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dalam menawarkan berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga.
  2. penawaran pasar adalah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.

Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran. 


Adapun faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah sebagai berikut: 
  1. Harga barang itu sendiri 
  2. Harga barang lain 
  3. Biaya faktor produksi 
  4. Tingkat teknologi 
  5. Keuntungan yang diharapkan 
  6. Adanya tingkat persaingan 
  7. Harapan masa depan

Hukum Permintaan dan Penawaran


Hukum permintaan adalah jumlah suatu barang atau jasa yang diminta akan selalu berbanding terbalik dengan harganya. Artinya, jika harga suatu barang naik maka permintaan terhadap barang itu akan turun, dengan asumsi faktor-faktor selain harga tidak berubah (konstan). Begitu pun sebaliknya.

hukum penawaran adalah hubungan antara harga barang/jasa dan jumlah yang ditawarkan adalah positif. Artinya, jika harga naik, jumlah barang yang ditawarkan juga naik.

Harga Pasar


Harga pasar adalah harga kesepakatan antara pembeli dan penjual yang terbentuk dari hasil tawar menawar. Adanya permintaan dan penawaran mendorong pembeli dan penjual melakukan proses tawar menawar untuk mendapatkan harga pasar.

Harga ini biasa diartikan sebagai harga keseimbangan, yang merupakan harga ekonomi dari suatu barang atau jasa yang ditawarkan di pasar.

Proses Terbentuknya Harga Pasar


  1. Terdapat proses tawar menawar pada suatu pasar antara penjual dan pembeli. Hal ini terjadi karena adanya kesepakatan harga produk ataupun jasa antara penjual dan pembeli.
  2. Akan terjadi jika pada harga tertentu jumlah permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa sama, karena harga tersebut merupakan harga keseimbangan.
  3. Terbentuknya kekuatan permintaan serta penawaran yang memicu pembentukan harga pasar jika berada dalam keseimbangan. Bisa juga terjadi jika jumlah barang yang diminta sama dengan yang ditawarkan.

Proses Penetapan Harga Pasar


Penetapan harga pasar tidak ditetapkan begitu saja. Harga menjadi peranan penting dalam proses jual beli produk ataupun jasa. Berikut hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam penetapan market price, yaitu:

Harga Untuk Pedagang Menengah

Setiap harga beli serta pemasaran selalu terdiri dari penyimpanan, penguatan, transportasi, risiko, biaya lain, serta keuntungan yang diharapkan.

Harga Untuk Pedagang Ecer

Biasanya, harga beli dan pemasaran pedagang eceran terdiri dari pendinginan, pungutan, dan biaya lain-lain. Sedangkan anggaran biaya produksi, dapat dihitung berdasarkan bahan baku, biaya overhead pabrik, dan tenaga kerja.


0 Response to "Permintaan, Penawaran, dan Harga Pasar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel