Kelangkaan Ekonomi: Ciri, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya - Guru Santai

Kelangkaan Ekonomi: Ciri, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Pengertian Kelangkaan Ekonomi Secara sederhana dapat diartikan sebagai, terbatasnya sumber daya, sehingga mengakibatkan kebutuhan manusia tidak tercukupi.


Ciri-ciri kelangkaan ekonomi


  1. Sumber daya jarang bisa didapat, bisa juga tidak mencukupi, dengan kata lain, alat pemuas berupa barang dan jasa, terbatas.
  2. Keinginan atau kebutuhan manusia yang tinggi, dapat dikatakan, kebutuhan manusia, tidak terbatas.
  3. Jumlah alat yang memenuhi kebutuhan manusia sangat terbatas, karena tidak diproduksi lagi, sehingga mengakibatkan sulit didapat.
  4. Harga permintaan melambung tinggi dibanding dengan harga biasa, karena jumlahnya terbatas, sedangkan permintaan dari konsumen, tinggi.
  5. Konsumen harus berkorban demi mendapat alat pemuas yang berupa barang atau jasa, bahkan sampai mengorbankan kebutuhan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan yang lebih penting.

Jenis Kelangkaan


1. Kelangkaan Sumber Daya Manusia

Dalam kegiatan ekonomi, manusia memiliki banyak sekali peran. Selain sebagai sumber daya itu sendiri, manusia juga berperan sebagai konsumen, atau yang turut memanfaatkan hasil dari suatu kegiatan ekonomi. Sebagai contoh, terjadinya kekurangan tenaga kerja pada sebuah perusahaan, kekurangan ini dapat berarti kuantitas atau yang menunjukkan jumlah fisik, namun dapat juga kurangnya kualitas, seperti kemampuan berpikir atau keterampilan.

Dari kondisi ini, seseorang diharapkan mampu meningkatkan kualitas diri baik dari sisi kemampuan berpikir, maupun menjadi manusia terampil. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan, menggali sumber pengetahuan, mengikuti perkembangan teknologi, agar menjadi pribadi-pribadi yang terampil dan berkualitas, bahkan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

2. Kelangkaan Sumber Daya Alam

sumber daya alam ini terdiri dari dua jenis, yaitu sumber daya biotik, berupa hewan dan tumbuhan, serta sumber daya abiotik, yang berupa udara, air, tanah, iklim, dan bahan tambang.

Sumber daya jika dimanfaatkan terus menerus, pasti persediaannya akan semakin menipis, termasuk juga sumber daya alam. Menipisnya ketersediaan sumber daya alam inilah yang disebut sebagai kelangkaan, terutama sumber daya alam yang tidak terbarukan, seperti hasil tambang.

Untuk mencegah hal tersebut, muncul Hukum Sumber Daya Alam di Indonesia yang digunakan untuk mengatur kewenangan pemerintah daerah dalam pengelolaan sumber daya alam yang ada,

3. Kelangkaan Sumber Daya Entrepreneurship (Kewirausahaan)

sumber daya entrepreneurship (kewirausahaan) sendiri merupakan sebuah upaya yang melibatkan sumber daya lainnya seperti sumber daya alam, modal dan teknologi, sehingga dapat menciptakan kekayaan dan kemakmuran melalui penciptaan lapangan kerja, penghasilan dan produk yang diperlukan masyarakat.

4. Kelangkaan Sumber Daya Modal

Sumber daya modal merupakan pondasi utama untuk menghasilkan barang atau jasa, yang merupakan produk yang memiliki nilai manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya modal dapat berupa, dana segar, modal fisik Yakni berupa bahan baku.

Penyebab kelangkaan


1. Pertumbuhan Penduduk
2. Kemampuan Produksi
3. Perbedaan Letak Geografis
4. Bencana Alam

Dampak kelangkaan


1. Kenaikan harga
2. Pengangguran meningkat
3. Kriminalitas meningkat
4. Angka Kemiskinan Bertambah

Cara Mengatasi Kelangkaan


Agar upaya tersebut dapat berhasil secara maksimal, maka dibutuhkan rencana serta cara yang strategis guna menghindari, atau mengatasi kelangkaan. Agar lebih jelas, yuk kita simak bersama, beberapa cara untuk mengatasi kelangkaan.

1. Menyusun skala prioritas
2. Menghemat penggunaan sumber daya alam.
3. Memelihara kelestarian alam
4. Memanfaatkan sumber daya pengganti
5. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
6. Mengelola sumber daya modal dengan tepat guna


0 Response to "Kelangkaan Ekonomi: Ciri, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel