Lembaga Keuangan - Guru Santai

Lembaga Keuangan

Pengertian, Fungsi, Peran dan Jenis Lembaga Keuangan - Sistem perekonomian ditunjang oleh berbagai aspek. Untuk mempermudah kegiatan transaksi keuangan, pemerintah menyediakan fasilitas kebutuhan tersebut melalui lembaga keuangan non bank maupun bank.


Pengertian Lembaga Keuangan


Lembaga keuangan adalah badan resmi yang bertugas menyediakan produk serta fasilitas dalam bidang keuangan, dan juga memutar arus uang di sistem perekonomian. Pada umumnya tugas lembaga keuangan adalah mencakup proses mengumpulkan dana dari masyarakat, lalu menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Namun ada juga yang hanya salah satunya.

Fungsi Lembaga Keuangan


Mengumpulkan dana dari masyarakat dengan bentuk simpanan lalu menyalurkannya kembali pada masyarakat dalam bentuk pinjaman.
Memberi pengetahuan dan informasi bermanfaat yang dapat berguna untuk nasabahnya.

Melancarkan pertukaran barang dan jasa lewat uang serta instrumen lainnya seperti kredit.
Menciptakan dan memberikan likuiditas.

Peran Lembaga Keuangan

1. Penyalur Likuiditas
2. Transaksi Keuangan
3. Pengalihan Aset

Jenis-Jenis Lembaga Keuangan


1. Lembaga Keuangan Bank

Jenis-jenis lembaga keuangan yang pertama adalah lembaga keuangan bank atau depository financial institution. Artinya adalah lembaga perantara keuangan dimana memiliki wewenang menerima serta menghimpun simpanan dana, meminjamkannya, sampai menerbitkan nota bank.

Contoh Lembaga Keuangan Bank
  1. Bank Sentral
  2. Bank Umum
  3. Bank Perkreditan Rakyat

2. Lembaga Keuangan Non-Bank

Jenis berikutnya adalah lembaga keuangan non-bank (non-depository financial institution), atau disebut juga dengan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Yaitu lembaga keuangan yang menjalankan proses penghimpunan dana melalui cara mengeluarkan surat-surat berharga.

Contoh Lembaga Keuangan Non Bank

credit union, aset manajemen, pialang saham, building society (sejenis koperasi di Inggris), modal ventura, asuransi, koperasi, dana pensiun, dan lainnya

0 Response to "Lembaga Keuangan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel