Teori Masuk Islam ke Indonesia - Guru Santai

Teori Masuk Islam ke Indonesia

Proses masuknya Islam ke Indonesia melalui perjalanan yang panjang. Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang dari berbagai bangsa.

Mereka datang ke Indonesia untuk berdagang sambil berdakwah. Islam di Indonesia juga dibawa oleh ahli agama atau ulama yang memang bertujuan untuk menyebarkan agama Islam di Indonesia.


Teori Masuknya Islam ke Indonesia Menurut Para Ahli


Ahli sejarah mengungkapkan teori masuknya Islam ada empat yaitu teori India (Gujarat), Teori Arab (Mekah), Teori Persia (Iran) dan Teori Cina. Berikut penjelasannya.

1. Teori India (Gujarat)

Teori Gujarat diciptakan oleh GWJ. Drewes lalu dikembangkan oleh Snouck Hurgronje bersama teman-temannya. Sejarawan Indonesia, yakni Sucipto Wirjosuprapto meyakini jika teori Gujarat merupakan sejarah awal bagaimana Islam masuk ke Indonesia.

Teori Gujarat mengatakan jika agama Islam dibawa oleh para pedagang dari India muslim (Gujarat) pada abad ke-13. Hal tersebut dibuktikan dengan makam Sultan Malik As-Saleh yang merupakan pendiri Kerajaan Samudera Pasai. Pada makamnya terdapat nisan yang mirip dengan batu nisan yang ada di Gujarat

2. Teori Arab (Mekah)

Teori selanjutnya yang dipercaya sebagai teori masuknya Islam ke Indonesia yaitu teori Arab (Mekah). Teori ini didukung oleh J.C Van Leur dan Abdul Malik Karim Amrullah. Dalam teori ini mengatakan jika agama Islam dibawa oleh musafir Arab pada abad ke 7.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara. Perkampungan tersebut terkenal dengan istilah Bandar Khalifah.

Pada masa kerajaan Samudera Pasai, mazhab yang terkenal yaitu mazhab Syafi'i. Pada masa itu mazhab Syafi'i juga terkenal di Arab dan Mesir. Kemudian gelar Al-Malik pada pemimpin Samudera Pasai, digunakan juga oleh budaya Islam di Mesir.

3. Teori Persia (Iran)

Teori Persia didukung oleh Husein Djajadiningrat dan Umar Amir Husen. Salah satu contoh bukti kebudayaan yang sama yaitu kaligrafi pada makam batu nisan di Indonesia. Selain itu, ritual keagamaan 10 Muharam yang ada di daerah Bengkulu dan Tabuik Sumatera Barat juga sama dengan ritual keagamaan di Persia

4. Teori Cina

Teori Cina dipercaya oleh Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby sebagai awal masuknya Islam ke Indonesia. Teori didukung dengan migrasi masyarakat muslim Cina dari Kanton ke Indonesia khususnya Palembang pada abad ke 9.
Kemudian teori ini dikuatkan dengan fakta bahwa Raden Patah (Raja Demak) merupakan keturunan Cina

Bukti Masuknya Islam ke Indonesia


Bukti Islam masuk Ke Indonesia abad ke 7
  1. Ditemukannya perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara.
  2. Surat dari Raja Sriwijaya ke pada Umar bin Khattab

Bukti Islam masuk Ke Indonesia abad ke 11
  1. Ditemukannya Batu nisan Fatimah binti Maimun di leran Gersik

Bukti Islam masuk Ke Indonesia abad ke 13
  1. Ditemukannya makam Sultan Malik al Shaleh di Samudra Pasai
  2. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik
  3. Berita perjalanan Marcopolo

Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Teori Masuk Islam ke Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel