Sejarah singkat Perkembangan Islam - Guru Santai

Sejarah singkat Perkembangan Islam

Sejarah Perkembangan Islam di Jazirah Arabia - Islam bermakna penyerahan diri. Artinya, seorang Muslim adalah orang yang harus tunduk kepada Allah dan ketentuan-Nya. Agama Islam pertama kali muncul di wilayah Arab, yakni tahun 610 M yang ditandai dengan diterimanya wahyu Al-Quran yang pertama di Mekkah oleh Muhammad SAW.


Masa keNabian


Nabi Muhammad dilahirkan di Makkah pada Tahun Gajah yaitu pada tanggal 12 Rabi’ul Awal atau pada tanggal 21 April (570 atau 571 Masehi). Nabi Muhammad merupakan seorang anak yatim sesudah ayahnya Abdullah bin Abdul Muthalib meninggal ketika ia masih dalam kandungan dan ibunya Aminah binti Wahab meninggal dunia ketika ia berusia 7 tahun. Kemudian ia diasuh oleh kakeknya Abdul Muthalib. Setelah kakeknya meninggal ia diasuh juga oleh pamannya yaitu Abu Thalib. 

Nabi Muhammad kemudiannya menikah dengan Siti Khadijah ketika ia berusia 25 tahun. Pada umur 40 tahun Nabi Muhammad menerima wahyu untuk pertama kalinya di gua hiro melalui perantara Malaikat Jibril. Wahyu pertama Al-Alaq ayat 1-5

Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW


secara diam-diam kepada orang-orang terdekatnya yang dikenal sebagai As-Sabiqun al-Awwalun (Orang-orang pertama yang memeluk agama Islam) dan selanjutnya secara terbuka kepada seluruh penduduk Mekah,

Pada tahun 622, Nabi Muhammad dan pengikutnya pindah dari Mekah ke Madinah. Peristiwa ini dinamai Hijrah. Semenjak peristiwa itu dimulailah Kalender Islam atau kalender Hijriyah. faktor penyebab hijrah adalah keselamatan Nabi semakin terancam oleh kafir Quraisy.

Setelah hijrah Nabi di Madinah muncul golongan Muhajirin, anshor, yahudi, musyrikin, munafikun

Perebutan kembali kota Mekah

Perebutan kembali kota Mekah dilakukan dengan berperang, salah satu perang yang terkenal antara lain perang Badar, Uhud, Khandaq

Penduduk Mekah dan Madinah ikut berperang bersama Nabi Muhammad dengan hasil yang baik walaupun ada di antaranya kaum Islam yang tewas. Lama kelamaan para muslimin menjadi lebih kuat, dan berhasil menaklukkan Kota Mekah. 

Sekembalinya Nabi Muhammad ke Mekah Beliau melakukan Haji terakhir yang sering disebut dengan Haji Wada. Setelah Nabi Muhammad wafat, seluruh Jazirah Arab di bawah penguasaan Islam dan Kepemimpinan umat Islam di bawah para sahabat Nabi Muhammad (Khulafaur Rasyidin)

Masa Khulafaur Rasyidin


khalifah ar-rasyidin adalah empat orang (sahabat Nabi) khalifah yang dipercaya oleh umat Islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi Muhammad setelah beliau wafat. 

Empat sahabat Rasul yang termasuk dalam khulafaur rasyidin adalah Abu Bakar Ash-Shidiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Masa Dinasti Umayyah dan Abbasiyah


Dinasti Umayyah di Damaskus dimulai setelah Khalifah Ali bin Abi Thalib meninggal dunia akibat dibunuh. Di bawah Dinasti Umayyah, derap penaklukan terus berlanjut.

Dinasti Abbasiyah didirikan secara revolusioner dengan menggulingkan kekuasaan dinasti Umaiyah. Terdapat beberapa faktor yang mendukung keberhasilan pembentukan dinasti ini. Diantaranya adalah, 
  1. meningkatnya kekecewaan kelompok mawali terhadap dinasti Bani Umaiyah, 
  2. Pecahnya persatuan antarsuku-suku bangsa Arab, dan 
  3. timbulnya kekecewaan masyarakat pemimpin agamis dan keinginan mereka memiliki kharismatik. 

Dengan berdirinya kerajaan Abbasiyah, pusat pemerintahan dipindahkan dari Siria ke Irak (yaitu dari Damaskus ke Bagdad)

Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Sejarah singkat Perkembangan Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel