Faktor keruntuhan kerajaan Hindu Budha di Indonesia - Guru Santai

Faktor keruntuhan kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Faktor penyebab runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia - Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia berkembang pada masa awal-awal Masehi. Dari sekian banyaknya kerajaan Hindu-Buddha, beberapa di antaranya berkembang pesat dan menjadi kerajaan besar di Indonesia. Salah satunya adalah Kerajaan Sriwijaya yang bercorak Buddha dan Kerajaan Majapahit yang bercorak Hindu.

Zaman keemasan Hindu-Buddha ini dimulai dari berdirinya kerajaan Kutai pada tahun 5 Masehi hingga kerajaan Majapahit tahun 13 Masehi. Namun, setelah runtuhnya kerajaan Majapahit, peradaban Hindu-Buddha lambat laun mengalami kemunduran karena beberapa faktor.


Apa saja faktor yang menyebabkan kemunduran peradaban Hindu- Buddha di Nusantara?



1. Menurunnya kekuatan kerajaan Hindu-Buddha

Semakin banyak kerajaan-kerajaan yang lebih besar dan kuat, sehingga pengaruh dan kekuatan kerajaan Hindu-Buddha semakin menurun.

2. Pewaris kerajaan tidak cakap

Tidak adanya pewaris kerajaan yang cakap dan lebih baik dari para pendahulunya, membuat kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha semakin menurun perkembangannya.

3. Perang saudara

Tidak cakapnya para pewaris tahta kerajaan, juga diperparah dengan adanya perang saudara yang sebagian besar dilatarbelakangi oleh perebutan kekuasaan.

4. Kerajaan bawahan melepaskan diri

Karena lemahnya kerajaan induk yang sedang sibuk dengan perang saudara, maka hal ini menjadi kesempatan bagi kerajaan-kerajaan bawahan untuk memerdekakan diri dan menjadi kerajaan merdeka. Selain itu, kerajaan bawahan tersebut semakin kuat dari sisi ekonomi dan militer.

5. Lemahnya keadaan ekonomi dan militer

Karena perebutan kekuasaan dan peperangan, maka keadaan ekonomi dan militer kerajaan Hindu-Buddha semakin terpuruk. Diperparah lagi dengan semakin banyaknya pedagang melayu dan Timur Tengah yang mengambil alih jalur perdagangan yang strategis.

6. Agama Islam berkembang pesat

Penyebaran agama Islam yang dibawa oleh para pedagang dari Timur Tengah dan diterima dengan baik oleh para penguasa di banyak wilayah, membuat mereka melepaskan diri dari pengaruh kerajaan Hindu-Buddha.

Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Faktor keruntuhan kerajaan Hindu Budha di Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel