Arab Pra Islam - Guru Santai

Arab Pra Islam

Resume Arab Pra Islam - Arabia pra-Islam atau sering disebut juga dengan jaman jahiliayah merujuk pada keadaan jazirah Arabia sebelum tersebarnya Islam pada tahun 630-an. Sebagian bangsa Arab masa itu telah hidup menetap, sementara sebagian lagi hidup berpindah pindah atau nomaden.

Ikatan kesukuan sangat kuat dalam kehidupan bangsa Arab pada masa pra-Islam, dan sering terjadi konflik antar kabilah, yang mengakibatkan permusuhan dan peperangan yang berlangsung lama. Untuk penghidupan mereka, umumnya adalah berdagang, beternak, atau bercocok tanam. Perdagangan dilakukan oleh kafilah-kafilah dagang hingga ke wilayah Syam, Yaman, Irak, dan Persia.


Kehidupan Agama Bangsa Arab Sebelum Islam


Bangsa Arab pada masa pra-Islam memiliki kepercayaan yang beragam, namun sebagian besar adalah penyembah berhala, agama Kristen, agama Yahudi dan pemeluk agama Zoroaster (Majusi) terdapat di bagian timur jazirah akibat pengaruh Persia. Sebagian kabilah ada pula yang menyembah benda alam, binatang, atau jin (Shabiin), dan ada pula sekelompok kecil yang menjalankan monoteisme Ibrahim (Din al-Hanafiyah).

Kehidupan Jaman Jahiliyah


Kebudayaan masyarakat Arab pra-Islam cenderung menganut fanatisme yang berlebihan terhadap kesukuan. Masyarakat Arab hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang disebut kabilah.

Mengapa bangsa Arab pra Islam dikenal sebagai bangsa jahiliyah?


Mulanya bangsa Arab Quraisy mengikuti ajaran Nabi Ibrahim AS yaitu agama Hanifiyah. Namun seiring waktu, ajaran tersebut mengalami perubahan yang tidak bertanggung jawab dari para pengikutnya.

  1. Menyembah Berhala, Dorongan menyembah berhala berasal dari tradisi meninggalkan Makkah dengan membawa batu dari tanah Haram.
  2. Moral dan perilaku mereka sangat rusak, yang terbukti dari kebiasaan judi, minum minuman keras dan merampok.
  3. Berzina
  4. Mengubur hidup-hidup bayi perempuan
  5. Menyelesaikan perselisihan antar kabilah dengan perang
  6. Berdagang dengan curang

Dengan kondisi ini, sebutan jahiliyah pada bangsa Arab pra Islam tidak berarti bodoh. Menurut sejarawan Islam Ahamd Amin, jahiliyah merujuk pada kebiasaan melawan kebenaran meski telah mengetahuinya.


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Arab Pra Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel