Pengertian, ciri, dan aspek dinamika sosial - Guru Santai

Pengertian, ciri, dan aspek dinamika sosial

Pengertian Dinamika sosial adalah perubahan sosial secara umum, serta dapat diukur dengan menggunakan rumus atau metode khusus. Dinamika sosial merupakan himpunan perubahan yang meliputi keseluruhan komponen dalam masyarakat, yang berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Contoh metode khusus dalam mengkaji dinamika sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, antara lain seperti menghitung tingkat kepadatan penduduk dengan rumus yaitu jumlah penduduk dibagi dengan luas wilayah. Contoh ini mengindikasikan kegunaan yaitu menganalisis, mengevaluasi maupun memperkirakan jumlah tingkat kepadatan penduduk di suatu wilayah tertentu.

Kemunculan dinamika sosial merupakan hasil dari proses interaksi sosial antar masyarakat, baik jenis interaksi sosial antara individu dengan individu lainnya maupun interaksi sosial antar beragam kelompok sosial, serta pergerakan secara keseluruhan komponen dalam masyarakat.

Pengertian Dinamika Sosial Menurut Para Ahli


1. William F. Ogburn

Dinamika sosial adalah suatu ruang lingkup perubahan sosial yang lebih luas, serta di dalamnya meliputi aspek- aspek yang spesifik seperti aspek kebudayaan , baik yang bersifat material maupun yang inmaterial. Aspek kebudayaan ini merupakan aspek yang memilki peranan penting sebagai pedoman untuk masyarakat dalam menghadapi perubahan dari waktu ke waktu.

2. Kingsley Davis

Arti dinamika sosial adalah perubahan- perubahan yang mencakup kehidupan sosial masyarakat dalam skala yang luas. Perubahan- perubahan yang terjadi meliputi aspek- aspek khusus, yaitu struktur dan fungsi dalam kehidupan masyarakat.

3. Selo Soemardjan

Dinamika sosial meliputi keseluruhan perubahan pada lembaga-lembaga atau institusi sosial kemasyarakatan yang kemudian berpengaruh terhadap sistem sosialnya, serta di dalamnya mencakup nilai-nilai sikap dan pola tingkah laku kelompok-kelompok masyarakat.

Ciri Dinamika social


1. Memiliki kesamaan motif antara individu satu dengan ndividu lainnya

Kesamaan motif ini yang mendorong terjadinya proses interaksi dalam kehidupan sosial masyarakat. Selain interkasi, kesamaan motif juga mendorong terjalinnya kerjasama dengan orientasi tujuan untuk kepentingan bersama- sama.

2. Munculnya dampak- dampak interaksi

Syarat interaksi sosial yang saling berlainan di antara individu satu dengan individu lainnya kemudia memunculkan beragam dampak. Dampak- dampak yang muncul beragam tergantung faktor perasaan dan juga kecakapan masing- masing individu.

3. Adanya penciptaan tatanan maupun kelompok social

Dinamika sosial terkait dengan struktur, dimana di dalamnya terdapat sistem, nilai sosial dan norma yang jelas, serta peran dan kedudukan yang tersistem. Kemudian aspek- aspek ini saling berkesinambungan lalu membentuk tatanan atau struktur sosial.

4. Berlandaskan norma

Norma secara umum diartikan sebagai pedoman pola perilaku masyarakat, yang bertujuan mengatur interaksi, baik antar individu maupun antar kelompok pada suatu kehidupan sosial untuk mencapai tujuan bersama.

Aspek Dinamika sosial


1. Sistem social

Dinamika sosial pada dasarnya merupakan bagian penting dalam cakupan sistem sosial. Sistem sosial merupakan suatu kesatuan sosial yang memiliki kesamaan. Sistem sosial dapat meliputi pengelompokan masyarakat berdasarkan umur, pendapatan, dan sebagainya.

Contoh sistem sosial dapat dijumpai dalam kehidupan masyarakat sehari- hari, seperti Pak Harun mengalami perubahan, kemudian mempengaruhi hubungan sosial beliau dalam lingkungan keluarga.

2. Pola umum

Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal mengenai makna dinamika sosial yang berarti suatu perubahan yang terjadi secara umum di masyarakat.

Dalam hal ini, dapat dicontohkan, tingkat pertumbuhan penduduk yang terjadi di wilayah ibu kota, setiap tahunnya dapat diukur serta dapat pula diprediksi dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan, berdasarkan pada suatu kebijakan.

3. Tingkat perhitungan yang jelas

Dinamika sosial secara mendasar dianalisis dengan menggunakan rumus atau metode khusus yang dinilai dapat memperkirakan atau memperhitungkan suatu tren yang berkembang di masa mendatang. Tren yang berkembang di masa mendatang dilandasi bentuk probabilitas. Selain itu data rekayasa- rekayasa sosial biasanya diperoleh dari kajian yang bersifat prediktif.

4. Tingkat keseimbangan

Pola umum yang juga merupakan aspek dinamika sosial berkaitan erat dengan tingkat keseimbangan. Perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat dengan pola umum biasanya dirumuskan titik keseimbangannya. 

Sebagai contoh, yaitu kebijakan dalam arti migrasi bisa di implementasikan dalam menutupi defisit jumlah penduduk suatu negara guna menghindari perekonomian yang collapse.

5. Tuntutan terhadap proses terjadinya perubahan social

Aspek tuntutan atau penekanan terhadap proses perubahan meliputi tindakan yang berkelanjutan dalam perubahan sosial. Aspek tuntutan atau penekanan ini memperhatikan secara jelas dan saksama kemunculan hubungan sebab-akibat perubahan dalam beragam tingkatan, dari skala kecil hingga skala besar.

Materi lengkap IPAS Semester 2 silahkan klik tautan link pada gambar berikut


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Pengertian, ciri, dan aspek dinamika sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel