Jenis jenis dinamika sosial - Guru Santai

Jenis jenis dinamika sosial

Ditinjau dari jenis-jenisnya, dinamika sosial dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut.

1. Penyimpangan Sosial

penyimpangan sosial atau yang disebut sebagai role expectation adalah perilaku yang keluar dari norma dan nilai. Karena menyimpang, maka setiap tindakan yang melanggar akan menimbulkan reaksi tertentu. Bentuk reaksinya pun bermacam-macam, bisa berapa ejekan, gunjingan dan hukum.

2. Perubahan Sosial

Jenis dinamika sosial yang lain adalah perubahan sosial atau social change. Dikatakan terjadinya perubahan sosial apabila terjadi pergeseran nilai, pola, norma sosial, dan terjadinya permasalahan di pelapisan sosial.

Ada banyak kasus terkait perubahan sosial yang tidak bisa disebutkan satu-satu. Pada intinya, perubahan sosial yang terjadi akan mempengaruhi sifat dari pola kehidupan sebelumnya dengan pola yang baru.

Contoh, pola hidup 30 tahun yang lalu jelas berbeda dengan kehidupan saat ini yang serta modern dan canggih.

3. Pengendalian Sosial

Bentuk dinamika yang berikutnya adalah pengendalian sosial. Sesuai dengan namanya, pengendalian sosial ini salah satu cara untuk melakukan kontrol. Setidaknya dengan adanya kontrol memudahkan dalam mengendalikan konflik dan permasalahan yang berkaitan dengan dinamika sosial.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengendalikannya? Ada banyak cara, diantaranya memberi edukasi kepada masyarakat, pentingnya mematuhi norma dan nilai yang berlaku. Pada intinya, ada pengatur yang berbentuk nilai yang dilengkapi dengan unsur kelembagaan.

4. Mobilitas Sosial

bentuk dinamika sosial yang terakhir adalah mobilitas sosial atau social mobility. Sebenarnya mobilitas sosial adalah fenomena yang terjadi pada individu berpindah kelas sosial. Misalnya yang awalnya dari lapisan sosial bawah masuk ke lapisan sosial atas, berlaku sebaliknya.

Itulah beberapa jenis tentang dinamika sosial. Kehadiran dinamika sosial ternyata memiliki dua dampak positif dan negatif yang akan kita ulas di sub bab dibawah ini.

Materi lengkap IPAS Semester 2 silahkan klik tautan link pada gambar berikut



Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Jenis jenis dinamika sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel