Institusi Sosial: Pengertian, Ciri dan Manfaat Institusi Sosial - Guru Santai

Institusi Sosial: Pengertian, Ciri dan Manfaat Institusi Sosial

Apakah yang dimaksud dengan instiusi sosial? Institusi sosial mengatur dan menata tindakan-tindakan yang berpola untuk memenuhi keperluan masyarakat. 

Terdapat tiga unsur penting dalam lembaga/institusi sosial yaitu: 
  1. arti kebutuhan pokok manusia dalam masyarakat, 
  2. cara bertindak dan berhubungan yang mengikat, 
  3. serta seperangkat aturan dan perilaku yang relatif tetap.

Pengertian Institusi Sosial


Institusi sosial adalah sistem dari proses sosial yang menyatukan antara tata kelakuan dan hubungan sosial yang terpusat pada aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sebagai makhluk sosial ataupun makhluk ekonomi.

Definisi institusi sosial menurut para ahli, sebagai berikut;
  1. Judson R. Landis, Mendefinisikan institusi sosial sebagai norma, aturan, dan pola organisasi yang dikembangkan disekitar kebutuhan atau masalah pokok yang terkait dengan pengalaman masyarakat.
  2. Soerjono Soekanto, Institusi sosial merupakan himpunan norma dan nilai dari segala tindakan sosial yang dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.
  3. Harton, Harton mendefinisikan institusi sosial sebagai sistem relasi sosial dalam masyarakat yang mendukung berbagai nilai dan prosedur tertentu dalam rangka memenugi kebutuhan sosial.
  4. Peter L. Berger, Mengartika institusi sosial sebagai serangkaian prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan dan dipaksa oleh pola tertentu untuk bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan dan tujuan.

Ciri-ciri Institusi Sosial


Institusi sosial memiliki beberapa karakter, antara lain:
  1. Suatu organisasi pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas kemasyarakatan dan hasilnya terdiri dari adat istiadat, tata kelakuan dan kebiasaan, serta unsur kebudayaan yang secara langsung atau tidak langsung tergabung dalam suatu unit yang fungsional.
  2. Mempunyai tujuan tertentu.
  3. Memiliki tingkat kekekalan tertentu, sehingga orang-orang menganggap sebagai himpunan norma yang harus dipertahankan.
  4. Memiliki sarana dan prasarana serta perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan.
  5. Memiliki tradisi tertutis maupun tidak tertulis yang merupakan dasar dari pranata yang bersangkutan dalam menjalankan fungsinya.
  6. Memiliki institusi tertentu yang secara simbolis menggambarkan tujuan dan fungsinya.
  7. Keberlangsungan organisasi relatif tetap.

Fungsi Institusi Sosial


Fungsi Institusi Sosial terbagi menjadi 2 yaitu fungsi manifes dan fungsi laten

1. Fungsi manifes

Fungsi manifest adalah fungsi yang disadari dan menjadi harapan bagi masyarakat.

2. Fungsi laten

Merupakan fungsi yang tidak disadari dan bukan menjadi tujuan utama. Fungsi laten merupakan fungsi yang ada tetapi tidak tampak dan tidak diharapkan oleh orang banyak. 

Upaya pencegahan terhadap hal-hal yang kemungkinan terjadi seperti kemungkinan terjadinya konflik, anggapan negatif masayarakt sekitar, penyimpangan dan lain sebagainya.
Materi lengkap IPAS Semester 2 silahkan klik tautan link pada gambar berikut



Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Institusi Sosial: Pengertian, Ciri dan Manfaat Institusi Sosial "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel