Faktor pendorong dinamika sosial - Guru Santai

Faktor pendorong dinamika sosial

Faktor Pendukung Dinamika Sosial - Dinamika sosial merupakan himpunan perubahan yang meliputi keseluruhan komponen dalam masyarakat, yang berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Kemunculan dinamika sosial merupakan hasil dari proses interaksi sosial antar masyarakat, baik jenis interaksi sosial antara individu dengan individu lainnya maupun  interaksi sosial antar beragam kelompok sosial, serta pergerakan secara keseluruhan komponen dalam  masyarakat.

Faktor Pendorong Terjadinya Dinamika Sosial 


1. Perubahan Struktur Sosial

Dalam prakteknya, orang satu dengan orang lain akan melakukan interaksi dan saling mempengaruhi satu sama lain. Nah, salah satu faktor yang menimbulkan dinamika sosial karena terjadi perubahan struktur sosial itu sendiri.

Misalnya adanya ancaman dari luar, sehingga mendorong masyarakat mengalami dampak perilaku dan sikap. Contoh, kasus Klitih di Yogyakarta yang beberapa hari belakangan kembali muncul. Dampaknya, warga Yogyakarta, baik itu muda dan tua. Mereka sangat membatasi keluar rumah untuk meminimalisir tindakan klitih.

2. Pergantian Anggota

Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya dinamika sosial, yaitu terjadinya pergantian anggota. Meskipun pergantian anggota tidak berdampak signifikan, namun tetap terjadi kegoncangan. Terutama jika anggota yang pergi atau yang digantikan memiliki power, pengaruh dan kedudukan penting dalam struktur sosial.

3. Perubahan Situasi Sosial dan Ekonomi

Kita tahu bahwa Indonesia salah satu negara multi etnis yang memiliki keberagaman luar biasa di banyak hal. Mulai dari keberagaman beragaman, keberagaman bahasa, keberagaman budaya dan masih banyak perbedaan yang kita miliki. Uniknya, Indonesia memiliki persatuan dan kesatuan yang luar biasa.

Nah, jika sampai terjadi perubahan sosial secara mendasar dan terjadi perubahan yang fundamental (misal Indonesia di jajah) sehingga mengalami tekanan dan ketidakadilan. Maka masyarakat Indonesia meski berbeda-beda dapat bersatu melawan dan menghadapi perubahan sosial tersebut demi mendapatkan hak-hak mereka.

Materi lengkap IPAS Semester 2 silahkan klik tautan link pada gambar berikut


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Faktor pendorong dinamika sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel