Rangkuman IPAS Semester 2 Kelas X : Keadaan Alam Indonesia - Guru Santai

Rangkuman IPAS Semester 2 Kelas X : Keadaan Alam Indonesia

Rangkuman Materi IPAS Semester 2 Kelas X  Keruangan dan Konektivitas Antar Ruang dan Waktu: Keadaan Alam Indonesia - Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia Bentuk muka bumi Indonesia dapat dibedakan menjadi dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, dan pegunungan.



Dataran Rendah

Di dataran rendah, aktivitas yang dominan adalah aktivitas pertanian. Ada beberapa alasan terjadinya aktivitas pertanian dan permukiman di daerah dataran rendah, yaitu seperti berikut.
  1. Di daerah dataran rendah, penduduk mudah melakukan pergerakan atau mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya.
  2. Dataran rendah dekat dengan pantai sehingga banyak penduduk yang bekerja sebagai nelayan.
  3. Memudahkan penduduk untuk berhubungan dengan dunia luar melalui jalur laut.
Bencana alam yang berpotensi terjadi di dataran rendah adalah banjir, tsunami, dan gempa. 


Bukit dan Perbukitan

Perbukitan berarti kumpulan dari sejumlah bukit pada suatu wilayah tertentu. Permukiman umumnya dibangun di kaki atau lembah perbukitan karena biasanya di tempat tersebut ditemukan sumber air berupa mata air atau sungai.

Aktivitas ekonomi, khususnya pertanian, dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan dengan kemiringan lereng tertentu. Untuk memudahkan penanaman, penduduk menggunakan teknik sengkedan dengan memotong bagian lereng tertentu agar menjadi datar. 

pada umumnya aktivitas pertanian adalah pertanian lahan kering atau hanya mengandalkan air hujan. Tanaman yang ditanam umumnya adalah umbi-umbian atau palawija dan tanaman tahunan kayu dan buah-buahan. Pada bagian lereng yang masih landai dan lembah perbukitan, sebagian penduduk juga memanfaatkan lahannya untuk tanaman padi.


Dataran Tinggi

Di daerah Dataran tinggi, aktivitas pertanian yang berkembang adalah menanam padi dan beberapa jenis sayuran. Sejumlah dataran tinggi menjadi daerah tujuan wisata. Udaranya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah menjadi daya tarik penduduk untuk berwisata ke daerah dataran tinggi.


Gunung dan Pegunungan

Penduduk yang tinggal di gunung atau pegunungan memanfaatkan lahan yang terbatas untuk pertanian. Lahan-lahan dengan kemiringan yang cukup besar masih dimanfaatkan penduduk. Komoditas yang dikembangkan biasanya adalah sayuran dan buah-buahan. 

Sebagian penduduk memanfaatkan lahan yang miring dengan menanam beberapa jenis kayu untuk dijual. Seperti halnya di daerah perbukitan, aktivitas permukiman sulit dilakukan secara luas. Hanya pada bagian tertentu saja yang relatif datar dimanfaatkan untuk permukiman. 

Potensi bencana alam di daerah pegunungan adalah longsor dan letusan gunung berapi.

Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Rangkuman IPAS Semester 2 Kelas X : Keadaan Alam Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel