Produksi, Distribusi dan Kosumsi - Guru Santai

Produksi, Distribusi dan Kosumsi

Rangkuman IPAS Semester 2 prilaku ekonomi dan kesejahteraan - Konsep di dalam ilmu ekonomi yaitu produksi, konsumsi dan distribusi. Konsep-konsep ini adalah inti pada kegiatan ekonomi untuk mencukupi kebutuhan hidup dasar dari masyarakat.



A. Produksi

Produksi adalah kegiatan membuat atau mengolah barang yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain . Dalam proses produksi agar barang mempunyai nilai guna dapat ditempuh melalui: (1) mengubah menjadi barang baru; (2) memindahkan barang dari suatu tempat ke tempatyang lain; (3) mengatur waktu penggunaan suatu barang; dan (4) menciptakan suatu jasa.

Menurut Hermawan, R. (2019) : Barang dan jasa dari proses produksi memilki keterbatasan yang berupa:

1) Sumber daya alam (land) seperti tanah, air, matahari, hutan, mineral dan minyak bumi yang merupakan faktor utama bagi produksi karena sudah tersedia.
2) Modal (capital) tidak hanya uang tetapi peralatan untuk produksiseperti mesin dan gedung juga termasuk
3) Tenaga kerja (labour) di dalam produksi merupakan daya dukung paling mendasar.

a) Tenaga kerja terdidik merupakan golongan tenaga kerja yang telah mengikuti jenis pelatihan atau jenjang pendidikan tertentu;
b) Tenaga kerja terlatih merupakan golongan tenaga kerja yang telah mendapatkan pelatihan dan memiliki pengalaman tertentu; dan
c) Tenagakerja tidak terdidik dan tidak terlatih merupakan golongantenaga kerja tidak memiliki keahlian khusus dan hanya mengandalkan kekuatannya saja.

4) Kewirausahaan (enterprise) 

merupakan teknik untuk menggabungkan sumber daya yang untuk menghasilkan barang dan jasa. Enterprise ini juga berperan dalam membuat keputusaan-keputusan yang berkenaan dengankebijakan dasar usaha yakni untuk hal yang berkaitan tentang produksi baru.


B. Distribusi

Distribusi adalah kegiatan ekonomi yang tujuannya menyalurkan barang hasil produksi dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi meliputi perdagangan, pengangkutan, penyimpanan dan seterusnya hingga barangatau jasa tersebut sampai pada konsumen. Dengan kata lain, distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi. 

Produsen perlu memikirkan saluran yang bagaimana yang akan dipilih untuk menyalurkan barang dan jasanyadengan tepat dan biaya murah, antara lain:

1) Membangun saluran distribusi harus memperhatikan:

a) jumlah pedagang perantara yang dilibatkan;
b) Saluran komunikasi yang terpelihara antara pedagang danperantara;
c) Menyeleksi pedagang perantara;
d) penempatan menurut letak geografis dari persediaan barang; dan
e) lokasi dari pusat distribusi

2) Jenis-jenis saluran distribusi

a) Bentuk intensif merupakan jenis saluran yang memanfaatkanbanyak pedagang besar dan kecil;
b) Bentuk selektif dengan hanya memanfaatkan beberapa grosir dan sejumlah kecil pengecer; dan
c) Bentuk eksklusif dengan hanya melibatkan satu perantara dalam lingkungan masyarakat tertentu untuk menangani produk.

3) Saluran Distribusi

a) Distribusi langsung yaitu barang dari produsen secara langsung di berikan ke konsumen. Contohnya adalah peternak ayam mengirimkan telur ayamnya langsung kepada konsumen atau bisa ke toko pengecer yang dia miliknya serta bisa melalui ekspedisi.

b) Distribusi saluran tidak langsung

1) Produsen – grosir – pengecer
Barang yang didistribusikan adalah barang yang tahan lama.
2) Produsen – pengecer – konsumen
Barang yang didistribusikan seperti gerabah, furniture dan alat sekolah. Terkadang produsen membuat gudang-gudang cabang untuk memenuhi permintaanproduk di daerah lain.

c) Lembaga-lembaga distribusi

1) Wholesaler (grosir) merupakan pedagang perantara yang menjual daganganya ke pedagang lebih kecil atau tidak langsung pada konsumen. Berperan sebagai pengumpul dan penyebar.
2) Agen merupakan pedagang perantara yang sistem keuntungannya ditentukan oleh perusahaan. Agen tidak langsung memegang barang yang akan di jual.
3) Pedagang eceran merupakan pedagang yang membeli barang dari grosir maupun agen kemudian di jual langsung kepada konsumen. Lembaga yang berniaga secara eceran

Baca Juga:
C. Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah bagian pendapatan rumah tangga yang digunakan untuk membiayai pembelian aneka jasa dan kebutuhan lain. Dengan demikian konsumsi merupakan pengeluaran dalam kegiatan rumah tangga secara langsung untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Besar kecilnya konsumsi dipengaruhi oleh pendapatan, tercukupinya barang atau jasa serta harga barang. Seorang yang melakukan kegiatan konsumsi adalah disebut sebagai konsumen. Konsumen membeli barang untuk langsung digunakan. Contohnya, konsumen membeli beras dimasak lalu di konsumsi sendiri.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen :

1) Kekuatan sosial budaya

a) Faktor budaya merupakan adanya pergeseran budaya yang dapat mempengaruhi bentuk perilaku ekonomi dalam kehidupan.
b) Faktor kelas sosial menerangkan bahwa kelas dalam tingkatan sosial yang berbeda-beda menjadikan perilku ekonomi yang berbeda pula.
c) Faktor pengaruh kelompok dalam faktor ini biasanya untuk menentukan produk bisa merk atau kualitas produk.
d) Faktor keluarga merupakan faktor yang paling besar untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Misalnya seseorang biasanya ketika akan membeli barang bertanya dulu kepada keluarganya untuk mendapat persetujuan.

2) Kekuatan faktor biologis

a) Faktor pengalaman belajar merupakan pengalaman dari sebelumnya sehingga dapat mempengaruhi perilaku ekonominya.
b) Faktor kebribadian merupakan sifat setipa individu terhadap dirinya yang akan mempengaruhi pendapatnya ketika akanmembeli barang.
c) Faktor sikap dan keyakinan merupakan sikap pemahaman tentang nilai suka atau tidak suka terhadap suatu barang.
d) Faktor diri atau self concept merupakam faktor dalam diri tentangapa yang di pikirkan.


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Produksi, Distribusi dan Kosumsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel