Perilaku, Motif dan Prinsip Ekonomi - Guru Santai

Perilaku, Motif dan Prinsip Ekonomi

Rangkuman IPAS Semester 2 prilaku ekonomi dan kesejahteraan - Pengertian Ekonomi adalah sebagai kaidah-kaidah, aturan-aturan atau pengelolaan suatu rumah tangga. Belajar tentang ilmu ekonomi artinya kita telah belajar mengenai perilaku ekonomi. Perilaku ekonomi adalah perilaku untuk memilih alternatif agar memberikan hasil yang paling baik. Hermawan, R. (2019:68)


A. Perilaku Ekonomi

Kebutuhan hidup manusia memiliki sifat yang tidak terbatas karena manusia cenderung tidak pernah merasa puas dan selalu merasakekurangan sementara sumber daya yang dimilikinya semakin terbatas. Keterbatasannya sumber daya menjadikan manusia berusaha untuk mengatasi masalah itu yaitu dengan cara melakukan perilaku ekonomi.

Dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah lepas dari perilaku ekonomi. Untuk bertahan hidup manusia harus melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perilaku. Sebagai seorang ibu di dalam keluarga melakukan kegiatan perilaku ekonomi juga dengan cara mengatur keuangan keluarganya.

Perilaku ekonomi yang terjadi pada lingkup yang lebih luas misalnya seperti berikut:
  1. Perusahaan membeli peralatan baru untuk menambah produksinya sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Perusahaan juga memberikan upah karyawannya setiap bulan.
  2. Pemerintah memberikan beras kepada rakyatnya dengan harga yang murah. Selain itu pemerintah membuat pengairan untuk mengairi sawah dengan tujuan meningkatkan pangan masyarakatnya.
  3. Perilaku ekonomi antar negara yang berupa kerjasama di bidangekonomi untuk memperbaiki perekonomian rakyatnya.

B. Motif Ekonomi


Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk sesuatu yang merekainginkan. Keinginan mendorong manusia untuk mendapatkannya. Dorongan untuk memperoleh sesuatu dapat di artikan sebagai motif ekonomi.

Motif ekonomi yang di golongkan dari alasan suatu pihak untuk memperoleh ke inginannya, dibagi menjadi dua, yaitu:

1) Motif Ekonomi Instrinsik

Motif Ekonomi Instrinsik ialah keinginan seseorang untuk mempunyai barang dan mendapatkan jasa atas dasar kesadaran dirinya sendiri. Misalkan seseorang ingin mempunyai sepeda maka dia harus bekerja keras untuk
mendapatkan uang serta menabung uang hasil kerjanya.

2) Motif Ekonomi Ekstrinsik

Motif ekonomi eksterinsik ialah adanya dorongan dari pihak laian ketika seseorang ingin mendapatkan barang atau memperoleh jasa.
Misalnya seorang pelajar ingin mempunyai hand phone karena pembelajaran di sekolah menerapkan pembelajaran daring.

Baca Juga :

Motif ekonomi berdasarkan aspeknya, antara lain sebagi berikut:

a) Motif Memenuhi Kebutuhan

Motif memenuhi kebutuhan adalah tindakan manusia yang didoronguntuk memenuhi kebutuhan sehari-hari demi kelangsungan hidupnya. Contohnya: Seorang bapak yang bekerja keras agar mendapatkanuang untuk memenuhi kebutuhan pangan dirinya dan keluarganya.

b) Motif Memperoleh Laba

Motif Memperoleh Laba adalah tindakan manusian untuk memenuhi kebutuhannya yang didasarkan untuk memperoleh laba atau untung.
Contohnya: pedagang baju yang menjual barang-barangnya dengan kualitas baik dan harga murah serta melayani pembeli dengan ramah. Sehingga banyak pembeli yang membeli dagangannya sehingga dia memperoleh keuntungan yang banyak.

c) Motif Mendapatkan Kekuasaan Ekonomi

Motif untuk memperoleh kekuasaan ekonomi adalah tindakan manusia untuk memperoleh hasil atau kedudukan yang lebih tinggi. Keterkaitan dengan sifat manusia yang selalu merasa kurang. Contohnya: Pada sebuah kegiatan pemilihan lurah. Ada seorang calon lurah yang memberikan bantuan perbaikan jalan di desanya agar pada waktu pemilihan suara dia mendapatkan suara terbanyak.

d) Motif Mendapatkan Penghargaan

Motif untuk mendapatkan penghargaan merupakan tindakan seseorang untuk memperoleh penghargaan baik berupa piagam, pujian ataupun status sosialnya. Contohnya: seorang manager perusahaan yang dilihat dari materi dan keuntungan sudah di dapat. Tetapi masih terus bekerja keras agar mendapatkan penghargaan menjadi top manager.

e) Motif Sosial

Motif sosial merupakan tindakan manusia untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Contohnya : seseorang yang telah sukses lalu mendirikan panti asuhan.

C. Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi merupakan usaha untuk mendapatkan hasil maksimal dengan usaha yang sangat kecil dalam memenuhi kebutuhanekonominya.

1) Ciri – Ciri Prinsip Ekonomi
  1. Memiliki sifat hemat
  2. Mimih dan menutamakan kebutuhan yang paling penting
  3. Mempunyai prinsip bahwa pengeluaran harus disesuaikan dengan yang dihasilkan.
2) Jenis dari prinsip ekonomi sebagai berikut :

a) Prinsip 1: Tiap orang menghadapi tarik ulur

Prinsip ekonomi ini merupakan sebuah pengorbanan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Contohnya, ketika seseorang berwisata maka harus mengorbankan uang dan waktunya.

b) Prinsip 2: Konsep biaya

Prinsip ekonomi ini berkaitan dengan uang dan kesempatan.

c) Prinsip 3: Berpikir pada margin

Prinsip ekonomi ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dengan usaha yang sedikit untuk menghanghasilkan hasil yang lebih besar.

d) Prinsip 4: Reaksi terhadap insentif

Pemberian intensif agar usaha yang dikerjakan lebih giat lagi.

e) Prinsip 5: Pertukaran barang

Pertukaran barang yang tidak diproduksi di tempat yang lain dandari tempat lain barang diolah agar menjadi komoditi yang lebih bernilai.

f) Prinsip 6: Mekanisme pasar untuk mengatur kegiatan ekonomi

g) Prinsip 7: Pemerintah meningkatkan kinerja pasar

h) Prinsip 8: Inflasi


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Perilaku, Motif dan Prinsip Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel