Jelaskan Perbedaan antara habitat, ekosistem, dan bioma - Guru Santai

Jelaskan Perbedaan antara habitat, ekosistem, dan bioma

Rangkuman Materi IPA kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 6 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia - Pada Bab ini kita akan mempelajari habitat, ekosistem dan bioma serta karakteristik fauna di Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur

Habitat


Pengertian Habitat

Menurut KBBI secara bahasa, habitat adalah sebagai tempat hidup organisme tertentu, tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan) atau lingkungan kehidupan asli.

Komponen Habitat

Terdapat beberapa komponen penting dalam habitat, antara lain air, makanan, ruang dan tempat. Habitat dapat dikatakan sesuai jika jumlah atau komposisi dari komponen tersebut berada dalam jumlah yang tepat Oleh karenanya, habitat hewan dan tumbuhan perlu dijaga kelestariannya agar tidak mengganggu keseimbangan.

Fungsi Habitat

Habitat adalah tempat tinggal makhluk hidup. Yang mana hanya makhluk yang mampu beradaptasi dengan lingkungan hidupnya yang bisa tinggal di habitat tersebut. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup atau organisme tertentu, ada beberapa fungsi habitat lainnya, di antaranya sebagai berikut:
• Tempat untuk tumbuh dan berkembang spesies tertentu
• Tempat berkumpul dengan spesies yang sejenis
• Tempat perlindungan spesies untuk bertahan hidup
• Tempat berkembang biak makhluk hidup

Macam macam Habitat

Habitat gurun, padang rumput, daerah tundra, daerah taiga dan hutan hujan tropis

Ekosistem


Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem.

Komponen ekosistem

Komponen abiotik dapat berupa bahan organik, senyawa anorganik, dan faktor yang memengaruhi distribusi organisme contoh suhu, air, gunung, cahaya, tanah dll
Komponen Biotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang hidup (organisme)

Jenis jenis ekosistem

Secara umum ada tiga tipe ekosistem, yaitu ekosistem perairan, ekosistem darat, dan ekosistem buatan

Bioma


Bioma adalah ekosistem yang sangat luas dan memiliki vegetasi tumbuhan yang khas.

Ciri-ciri bioma

  • Terbentuk antara interaksi unsur-unsur lingkungan, seperti iklim, air, tanah, dan organisme yang hidup di daerah tersebut. Merupakan komunitas klimaks, yakni kumpulan berbagai macam populasi. Komunitas tersebut menandakan bahwa terdapat suatu vegetasi utama yang mendominasi.
  • Merupakan komunitas yang cukup stabil, kecuali jika terjadi suatu peristiwa yang berpotensi mengganggu stabilitas komunitas.
  • Dapat dikenali dengan mudah berdasarkan vegetasi dominan.
  • Penamaan bioma umumnya didasarkan pada vegetasi yang mendominasi daerah tersebut.

Jenis jenis Bioma

Bioma gurun, bioma padang rumput, bioma hutan basah, bioma hutan gugur, bioma tudra dan taida


Perbedaan antara habitat, ekosistem, dan bioma


Habitat merupakan tempat hidup suatu organisme. Merupakan bagian dari ekosistem dan di pengaruhi faktor abiotik seperti suhu curah hujan yang kemudian memengaruhi sifat-sifat makhluk hidup yang menghuninya.

Ekosistem merupakan suatu sistem di mana terjadi hubungan (interaksi) yang saling ketergantungan antara komponen-komponen di dalamnya, baik yang berupa makhluk hidup ataupun yang tidak hidup. Merupakan gabungan dari beberapa habitat dan bagian dari bioma dan di pengaruhi faktor abiotik dan biotik

Bioma merupakan ekosistem yang sangat luas serta memiliki vegetasi tumbuhan yang khas. Merupakan gabungan dari 2 atau lebih ekosistem dan dipengaruhi oleh garis lintang yang menentukan iklimnya, juga faktor abiotik dan biotik yang berada di dalamnya.

Apa perbedaan karakteristik fauna di Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur?


Fauna Indonesia di bagian barat memiliki karakteristik banyak ditemukan mamalia dengan ukuran besar juga terdapat banyak primata ataupun burung berwarna kurang menarik. Untuk fauna Indonesia bagian timur banyak ditemukannya mamalia berkantung, burung berwarna menarik serta tidak adanya primata.

Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Jelaskan Perbedaan antara habitat, ekosistem, dan bioma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel