Kebijakan dan Dampak Pendudukan Jepang di Indonesia - Guru Santai

Kebijakan dan Dampak Pendudukan Jepang di Indonesia

Kunci Jawaban Latihan Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Semester 2 Kurikulum Merdeka Halaman 60 Buku Paket Sejarah Indonesia Kelas XI

Mengapa Jepang menerapkan kebijakan Ekonomi Perang


Sistem Ekonomi Perang diberlakukan oleh Jepang untuk menjamin ketersediaan bahan baku perang dari negara - negara jajahannya termasuk Indonesia. Sistem ekonomi Jepang di Indonesia semua diperuntukkan untuk kegiatan perang terutama untuk pemenangan Perang Asia Timur Raya.


Apakah kamu tahu yang dimaksud dengan seikeirei? Jelaskan!


Seikeirei adalah kegiatan menghormati dewa matahari ( amaterasu dalam agama sintho ) dengan membungkukkan badan ke arah matahari terbit sekaligus memberi hormat (upacara penghormatan) kepada kaisar jepang

Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga romusa oleh pemerintah pendudukan Jepang?


Menurut saya romusa tidak manusiawi dan melanggar ham karena pengerahan tenaga romusa oleh jepang, merupakan hal yang sangat kejam, karena selain diberi pekerjaan yang sulit, mereka juga mendapat perlakuan yang sangat buruk. Pengerahan tenaga romusa di Indonesia juga membuat rakyat sengsara dan mengalami kemiskinan berat, kelaparan, terjangkit penyakit dan kematian, kemudian ada juga praktik perbudakan wanita yang mana banyak wanita Indonesia dijadikan sebagai wanita penghibur bagi tentara Jepang.

Bandingkan tentang kebijakan di bidang pendidikan antara zaman Pemerintahan Kolonial Belanda dengan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia!


Pendidikan pada masa pemerintahan kolonial Belanda sangatlah diskriminasi karena yang boleh sekolah hanyalah kaum bangsawan saja sementara itu pendidikan dimasa pemerintahan pendudukan Jepang lebih mengutamakan pendidikan fisik (militer) dengan tujuan untuk membantu pemenang jepang dalam Perang asia timur raya dan banyak sekolah yang ditutup

Jelaskan tentang dampak dari kebijakan Jepang yang sewenang- wenang! Pelajaran apa yang kamu peroleh dari belajar tentang dampak kebijakan itu dalam kehidupan sosial kemasyarakatan?


sangat merugikan rakyat Indonesia karena membuat rakyat sengsara dan mengalami kemiskinan berat, kelaparan, terjangkit penyakit dan kematian dan tekanan mental akibat kekerasan yang dilakukan Jepang dan menimbulkan perlawanan di berbagai daerah.
Pelajaran yang dapat diambil adalah tentang cara Jepang mengelola sumber daya alam yang dimiliki dan sistem pemerintahan yang baik dan pengelolaan pemerintahan sampai ketingkat terendah yaitu RT dan RW.


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Kebijakan dan Dampak Pendudukan Jepang di Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel