Manfaat Produk Domestik Bruto - Guru Santai

Manfaat Produk Domestik Bruto

Selain menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi, ada manfaat lain dari PDB. Apa saja, ya? Berikut di antaranya yang perlu kamu simak:



1. Indikator Laju Perekonomian Nasional

Dilakukannya perhitungan Produk Domestik Bruto (PDB) memungkinkan suatu negara untuk memeroleh informasi pertumbuhan dari segi perekonomian.

Dengan mengetahui laju perekonomian secara nasional, negara pun bisa mengetahui manakah sektor-sektor yang memiliki kinerja tinggi.

Ke depannya, negara bisa memaksimalkan performa sektor-sektor tersebut agar hasilnya lebih optimal bagi perekonomian.

2. Bantu Memahami Struktur Ekonomi Negara

Adanya PDB juga bisa membantu kamu dalam memahami struktur perekonomian suatu negara, lho.

Sebab, perhitungan PDB meliputi banyak aspek. Jadi, kamu bisa mengetahui apa saja faktor dan sektor perekonomian dari suatu negara. Kamu pun dapat memahami sumber-sumber penghasilan dari suatu negara.

3. Perbandingan Laju Ekonomi antar Negara

Hasil perhitungan PDB suatu negara juga bisa menjadi salah satu aspek perbandingan laju perekonomian antar negara lain. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan perekonomian negara-negara lain di dunia.

Angka PDB dari setiap negara bisa membantu kamu melihat negara mana saja yang lebih unggul dari segi ekonomi. Hal tersebut dapat kamu lihat dengan adanya istilah negara G7 dan G20 yang di dalamnya meliputi daftar negara-negara berekonomi kuat. Bagi negara maju secara ekonomi, hal ini tentu merupakan prestasi yang membanggakan.

Sementara, untuk negara yang mungkin masih tertinggal, bisa jadi motivasi agar dapat lebih maju ke depannya.


4. Dasar Perumusan Kebijakan

Tidak hanya itu, adanya hasil perhitungan PDB juga bisa menjadi dasar perumusan kebijakan suatu negara oleh pemerintah.

Produk Domestik Bruto (PDB) memungkinkan pemerintah untuk mengetahui sektor ekonomi mana saja yang berkinerja baik atau pun kurang optimal.

Berdasarkan analisis tersebut, pemerintah pun bisa membuat kebijakan untuk mendongkrak sektor-sektor pertanian agar hasil ke depannya lebih maksimal.

5. Mengetahui Tingkat Kemakmuran Negara

Perhitungan PDB tidak hanya bisa memperkirakan laju ekonomi negara, akan tetapi juga dapat mengukur seberapa makmur negara tersebut.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membaginya dengan jumlah penduduk. Angka tersebut dikenal sebagai PDB per kapita.

Biasanya makin tinggi angka PDB per kapita, kemakmuran rakyat dianggap semakin tinggi. Selain itu, makin tinggi PDB per kapita, tingkat kesejahteraan sosial juga akan membaik.

Jika PDB naik maka daya beli masyarakat, kesempatan kerja, kesehatan dan gizi, pendidikan dan lain sebagainya akan meningkat. Begitu pula sebaliknya.


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Manfaat Produk Domestik Bruto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel