Indikator Pembentuk PDB - Guru Santai

Indikator Pembentuk PDB

Mengapa PDB Dijadikan Indikator Perekonomian? - Lantas, atas dasar apa Produk Domestik Bruto (PDB) ditetapkan menjadi salah satu indikator perekonomian negara?



Melansir Jurnal Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), ada beberapa alasan digunakannya PDB sebagai indikator pengukuran pertumbuhan ekonomi, yaitu:

Pertama, PDB dihitung berdasarkan jumlah nilai tambah (value added) yang dihasilkan seluruh aktivitas produksi di dalam perekonopmian.

Dalam hal ini, peningkatan PDB mencerminkan peningkatan balas jasa kepada faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi.

Kedua, PDB dihitung atas dasar konsep siklus aliran (circulair flow concept). Artinya, perhitungan PDB mencakup nilai produk yang dihasilkan pada suatu periode tertentu.

Perhitungan ini tidak mencangkup perhitungan pada periode sebelumnya. Pemanfaatan konsep aliran dalam menghitung PDB memungkinkan seseorang untuk membandingkan jumlah output pada tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga :

Ketiga, batas wilayah perhitungan PDB adalah Negara (perekonomian domestik).

Hal ini memungkinkan untuk mengukur sampai sejauh mana kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah maupun mendorong aktivitas perekonomian domestik.


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Indikator Pembentuk PDB "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel