Cara Penulisan Deskripsi Pada Rapor Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Cara Penulisan Deskripsi Pada Rapor Kurikulum Merdeka

Contoh penulisan deskripsi di rapor murid kurikulum merdeka - Rapor murid atau peserta didik adalah bagian dari pengolahan dan pelaporan hasil asesmen. untuk menulis deskripsi capaian pembelajaran pada rapor murid harus dilakukan dengan mencatat dan membandingkan pencapaian murid yang direkam oleh guru.



capaian pembelajaran tersebut harus berupa data yang terukur agar guru bisa mengetahui capaian pembelajaran mana yang sudah tercapai pada setiap fase akhir proses pembelajaran.

Capaian tujuan pembelajaran peserta didik menjadi bahan yang diolah menjadi nilai akhir
mata pelajaran dalam kurun waktu pelaporan (biasanya satu semester).

Sedangkan untuk penulisan deskripsi, pendidik dapat memberikan penjelasan mengenai kompetensi yang sudah dikuasai peserta didik, mana kompetensi yang belum dikuasai, dan dapat ditambahkan tindak lanjut secara ringkas bila ada.

Cara Penyusunan Deskripsi Pada Rapor Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kepada :


Perhatikan gambar berikut






Hal penting yang harus diperhatikan pendidik adalah tidak boleh mencampur hasil perhitungan dari asesmen sumatif dan asesmen formatif.

Kedua jenis asesmen tersebut memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Asesmen formatif tidak dapat berfungsi sebagai penentu nilai akhir karena hanya sebagai umpan balik atau respon kepada pencapaian peserta didik.

Hasil dari gabungan beberapa kegiatan asesmen sumatif akan menjadi nilai akhir bagi peserta didik.

Secara singkat penulisan deskripsi pada rapor murid berdasarkan pada capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan poin penting dari materi yang sudah diberikan.


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Cara Penulisan Deskripsi Pada Rapor Kurikulum Merdeka "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel