Cara Menghitung Produk Domestik Bruto - Guru Santai

Cara Menghitung Produk Domestik Bruto

Dasar pendekatan menghitung Produk Domestik Bruto (PDB) - Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), ada tiga pendekatan yang bisa digunakan untuk menghitung Produk Domestik Bruto (PDB), yaitu:



1. Berdasarkan Pendekatan Produksi


Produk Domestik Bruto (PDB) adalah jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di wilayah suatu negara dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun).

Unit-unit produksi tersebut dalam penyajiannya dikelompokkan menjadi beberapa sektor atau lapangan usaha, yaitu: (1) Pertanian, Perternakan, Perkebunan, Kehutanan dan Perikanan. (2) Pertambangan dan Penggalian. (3) Industri Pengolahan. (4) Listrik, Gas dan Air. (5) Bangunan/Konstruksi. (6) Perdagangan, Hotel, dan Restoran. (7) Angkutan dan Komunikasi. (8) Keuangan, Sewa Bangunan, dan Jasa.


2. Menurut Pendekatan Pendapatan


Produk Domestik Bruto merupakan jumlah balas jasa yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang ikut serta dalam proses produksi di suatu negara dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun).

Balas jasa faktor produksi yang dimaksud adalah upah dan gaji, sewa tanah, bunga modal dan keuntungan. Semuanya sebelum dipotong pajak penghasilan dan pajak langsung lainnya.

Dalam definisi ini, Produk Domestik Bruto mencakup juga penyusutan dan pajak tidak langsung neto (pajak tak langsung dikurangi subsidi).

3. Menggunakan Pendekatan Pengeluaran


Produk Domestik Bruto (PDB) adalah semua komponen permintaan akhir yang terdiri dari pengeluaran konsumsi rumah tangga dan lembaga swasta nirlaba, pengeluaran konsumsi pemerintah, pembentukan modal tetap domestik bruto, perubahan inventori, dan ekspor neto (ekspor neto merupakan ekspor dikurangi impor).

Dari ketiga pendekatan penghitungan tersebut, secara konsep alangkah baiknya jumlah pengeluaran tadi harus sama dengan jumlah barang dan jasa akhir yang dihasilkan dan harus sama pula dengan jumlah pendapatan untuk faktor-faktor produksinya.


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Cara Menghitung Produk Domestik Bruto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel