Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan? - Guru Santai

Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan?

Jawaban Pertanyaan Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan? - Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang sistematis dan logis dalam fase yang utuh menurut urutan pembelajaran dari awal hingga akhir fase tersebut.

Dengan demikian, ATP yang berkesinambungan adalah saling keterkaitan antar tujuan pembelajaran dan merupakan capaian capaian yang runut, sistematis serta berjenjang untuk memperoleh Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam setiap mata pelajaran.


Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan?


Jawaban : Penyusunan alur tujuan pembelajaran harus dibuat berkesinambungan mulai dari alur pembuatan tujuan pembelajaran, capaian yang ingin dicapai secara runut dan sistematis, hingga memperoleh capaian pembelajaran yang ditetapkan pada setiap mata pelajaran.

Pelaksanaan prinsip penyusunan ATP yang berkesinambungan itu intinya dilakukan secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Pembahasan 

Pelaksanaan Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Berkesinambungan

Pelaksanaan prinsip penyusunan ATP yang berkesinambungan berdasarkan Panduan Aturan Tujuan Pembelajaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan analisis CP untuk mengetahui apa saja yang harus dicapai dalam 3 aspek kompetensi di atas.
  2. Identifikasi kompetensi yang telah dikuasi siswa dari fase sebelumnya.
  3. Analisis elemen atau sub-elemen profil siswa sesuai dengan CP mata pelajaran dalam fase tersebut.
  4. Rumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan identifikasi dan analisis di atas.
  5. Menyusun urutan kegiatan pembelajaran dari hari ke hari.
  6. Menentukan lingkup materi dan materi utama yang akan diberikan dalam fase yang sedang disusun ini.
  7. Menentukan jam belajar yang dibutuhkan.

Dengan demikian ada kesinambungan pembelajaran dari fase sebelumnya dengan fase sekarang. CP fase sekarang akan digunakan untuk menyusun ATP berikutnya. Melihat langkah-langkah penyusunan ATP di atas, memang hanya masing-masing guru yang bersangkutan yang tahu bagaimana menuntaskan CP dengan kondisi yang dimiliki siswanya pada saat itu.


Kumpulan Soal dan Jawaban Lengkap Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka pada Platform Merdeka Mengajar Dapat Bapak / Ibu lihat dengan cara klik gambar berikut ini :

 


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel