Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 SMP BAB 4 Kurikulum Merdeka
A. Pengantar Sistem Komputer
Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute
yang artinya menghitung. Kini, komputer memiliki makna sebuah peranti
elektronik yang dapat menerima data masukan (input)/perintah, memproses
(process) data masukan tersebut, memproduksi keluaran (output), dan menyimpan
data dalam penyimpanan sekunder (secondary storage).
Komputer berkembang menjadi sistem komputer yang merupakan
kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mampu melakukan
pekerjaan tertentu. Perangkat keras (hardware) adalah komponen fisik dari
komputer dan perangkat lunak (software) adalah program yang berjalan di
perangkat keras tersebut.
B. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud
fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai
perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan
penyimpan (storage).
a. Perangkat Masukan
- Mouse atau
tetikus digunakan untuk menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar
komputer.
- Keyboard
atau papan tombol adalah alat yang memungkinkan penggunanya untuk
memasukkan karakter (character) ke dalam komputer. Karakter tersebut
berupa huruf, angka, dan simbol.
- Scanner
digunakan untuk memindai dan menyalin Data dari kertas berisi graik,
gambar, foto, atau tulisan menggunakan alat pembaca optical data reader.
- Joystick
digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan/game video yang
menggunakan lebih dari satu tombol. Joystick digunakan untuk menggerakan
kursor pada layar permainan.
- Microphone
adalah peranti yang mengonversi suara menjadi sinyal elektrik. Peranti ini
digunakan untuk memasukkan suara ke komputer.
- Barcode
reader adalah pemindai optis yang dapat membaca barcode yang tercetak,
mengubah kode bar tersebut menjadi data elektrik dan mengirimkannya ke
komputer dengan format data yang sederhana.
b. Pemroses
Data atau perintah yang diterima dari peranti masukan
selanjutnya akan diproses oleh komputer.
- Central
Processing Unit (CPU) adalah bagian utama dari komputer yang bertugas
untuk melaksanakan keseluruhan operasi yang dilakukan oleh komputer
seperti operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/output dasar.
CPU memiliki tiga komponen utama, di antaranya register, unit kendali/
Control Unit (CU), dan unit logika aritmatika/ Arithmetic-Logic Unit
(ALU).
- Random
Access Memory (RAM). RAM adalah jenis memori sangat cepat yang di gunakan
untuk menyimpan data sementara saat komputer memproses data atau
mengeksekusi perintah.
- Read Only
Memory (ROM). ROM adalah memori pada komputer yang digunakan untuk
menyimpan instruksi yang ditulis oleh produsen komputer untuk proses
booting, instruksi yang disimpan oleh ROM disebut irmware.
c. Alat Output (Output Devices)
- Layar
monitor berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data di komputer,
seperti gambar, teks, angka, graik, dan sebagainya.
- Printer
digunakan untuk mencetak gambar, foto, dokumen dalam bentuk media kertas.
- Speaker.
Alat untuk menghasilkan suara dari komputer, seperti musik, percakapan di
film, dan efek suara lainnya dinamakan speaker.
d. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)
Peranti penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan data
elektronis yang bersifat permanen. Data yang disimpan pada penyimpanan sekunder
dapat bertahan lama dan dapat dimanfaatkan kembali oleh penggunanya saat
dibutuhkan.
- Hard disk
adalah media penyimpanan data dalam lapisan magnet pada piringan bulat
(cakram) disk tipis.
- Solid-state
drive (SSD) adalah peranti penyimpanan data dengan solid-state yang
menggunakan lash memory. SSD tidak memiliki disk, pemutar fisik, dan head
untuk baca-tulis yang biasa digunakan pada HDD.
- Flash
drive berfungsi sebagai alat penyimpan data secara permanen yang portabel.
Flash drive menggunakan flash memory dan biasanya menggunakan antarmuka
USB.
- CD adalah
format penyimpanan data cakram optik digital yang dikembangkan bersama oleh
Philips dan Sony dan dirilis pada tahun 1982.
e. Piranti Keluaran
Peranti keluaran adalah peralatan yang menyajikan informasi dari
komputer yang bisa berupa tampilan di layar monitor, gambar tercetak, suara
yang dihasilkan oleh speaker, dan lainnya.
C. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dan data yang
dikerjakan oleh komputer. Perangkat lunak merupakan penghubung antara pengguna
dan komputer sebagai perangkat keras.
Berdasarkan lisensinya, software dibagi seperti berikut.
- Freeware,
artinya software tersebut gratis untuk digunakan, tanpa batasan jumlah dan
waktu pemakaian, tetapi source code yang ada tidak bisa dilihat dan tidak
boleh dimodiikasi.
- Shareware,
artinya software tersebut dapat diunduh dan digunakan pengguna hanya untuk
dicoba sementara hingga batasan waktu tertentu. Jika pengguna merasa
software-nya bagus, diharuskan membeli.
- Adware,
artinya software tersebut gratis, tetapi ada iklan yang muncul ketika
dijalankan
- Commercial/Proprietary
Software, artinya software yang dibuat dengan tujuan untuk dijual dan
berbayar kepada pengembang software.
Berdasarkan fungsinya, software terbagi menjadi beberapa jenis,
antara lain seperti berikut.
- Sistem
Operasi (Operating System). Sistem operasi sering disebut perangkat lunak
sistem, yang merupakan perangkat lunak pertama yang dijalankan pada saat
komputer dinyalakan. Saat ini, sistem operasi untuk komputer PC/desktop
yang banyak digunakan adalah Microsoft
- Windows,
MacOS dari Apple Inc, dan distribusi Linux (Debian, Fedora, Ubuntu).
- Program
Aplikasi/ Program aplikasi pada komputer merupakan perangkat lunak siap
pakai yang di gunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya.
Dalam sebuah komputer, aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhannya
masing-masing.
Berdasarkan sumbernya, software terbagi menjadi beberapa jenis,
antara lain seperti berikut.
- Open
Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya sudah dibuka ke
publik, sehingga bisa dimodiikasi dan didistribusikan atau dipublikasikan
hasil modiikasinya dengan syarat-syarat tertentu, misalnya dengan tetap
mempertahankan nama aplikasinya. Contohnya seperti Audacity, XAMPP, Linux,
Notepad++, Android, dan sebagainya.
- Closed
Source Software atau proprietary software adalah perangkat lunak atau
software yang ada secara publik, tetapi tanpa diberikan source codenya.
Contohnya Microsoft Windows, Adobe Photoshop, CorelDraw, dan sebagainya
D. Interaksi Antarperangkat
Dua perangkat elektronik juga dapat berkomunikasi dan berinteraksi. Sarana untuk berkomunikasi pada komputer atau ponsel yang banyak dipasang saat ini adalah bluetooth. Bluetooth adalah standar teknologi tanpa kabel (nirkabel) yang digunakan untuk bertukar data antara perangkat tetap dan seluler dalam jarak dekat menggunakan gelombang radio Ultra High Frequency (UHF) dari 2,402 GHz hingga 2,480 GHz, dan dapat digunakan untuk membangun jaringan area pribadi (PAN). Bluetooth memiliki banyak kegunaan, yaitu: menghubungkan laptop dan ponsel, ponsel dan headphones, ponsel dan televisi, dan lainnya.
E. Bilangan Biner
Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer
karena bilangan biner ini adalah representasi semua jenis informasi yang
disimpan di komputer. Memahami representasi biner dapat mengangkat banyak
misteri dari komputer karena pada tingkat fundamental komputer sebenarnya
hanyalah mesin untuk menghidupkan dan mematikan digit biner. Komputer adalah
mesin sederhana dan membutuhkan instruksi yang tepat untuk membuatnya melakukan
tugas yang rumit. Sistem bilangan desimal menggunakan 10 sebagai basis dan
angkanya berkisar dari 0 hingga 9.
Kumpulan Rangkuman Informatika Kelas 7 Bab 1 sd 5 Silahkan Klik Tautan Gambar Berikut :
0 Response to "Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 SMP BAB 4 Kurikulum Merdeka"
Post a Comment