Kisi kisi Uji Komprehensif PPG Daljab 2022 - Guru Santai

Kisi kisi Uji Komprehensif PPG Daljab 2022

Ulasan & Kisi Kisi Uji Komprehensif PPG Daljab 2022 Beserta apspek penilaiannya - Ujian komprehensif adalah tahapan penentu bagi peserta untuk bisa mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) “Kalau ujian tidak lulus", maka peserta tidak bisa mengikuti PPL.

Uji komprehensif dapat saja dilakukan dua kali (ramedial) jika ternyata nilai gabungan dari dua orang dosen adalah kurang dari 70. Biasanya untuk kegiatan ramedial ini menyesuaikan dengan jadwal dari dosen penguji. Dalam rubrik penilaian uji komprehensif tahun 2022 ini, nampaknya disesuaikan dengan semua LK yang telah dilalu peserta didik.




Uji Komprehensif PPG adalah sebuah penilaian yang dilakukan secara menyeluruh tentang teori pedagogik dan pengetahuan bidang study termasuk materi esensial.

Materi ujian komprehensif berkaitan dengan proses pendidikan pada tahap kegiatan pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran.

Penilaian diberikan dimulai dari Langkah paling awal yaitu identifikasi masalah, sampai pada kegiatan, rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi, ditambah dengan penguasaan materi HOTS, literasi numerasi, dan kemampuan mengintegrasikan TPACK.

Dosen penguji juga menanyakan tentang permasalahan apa yang ada di kelas kita, apa bukti dari penemuan masalah tersebut, dan solusi apa yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak berhenti di situ dosen penguji juga menanyakan alasan mengapa solusi tersebut kita pilih sebagai pemecahan masalah pada kelas kita.

Baca Juga : 

Dosen penguji juga meminta penulis untuk menunjukkan dimana integrasi HOTS, TPACK, Literasi Numerasi dalam perangkat pembelajaran yang telah penulis susun.

Seperti diketahui bersama HOTS adalah High Order Thinking Skill, yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa untuk menganalisis, mengevaluasi dan menerapkan solusi pemecahan masalah pada masalah yang telah dipaparkan. Berikut adalah tampilan dari perangkat pembelajaran penulis yang terintegrasi HOTS.

Integrasi TPACK. TPACK adalah singkatan dari technological pedagogical content knowledge atau dengan bahasa sederhana adalah kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan teknologi saat pembelajaran di kelas. Berikut adalah tampilan dari perangkat pembelajaran penulis yang terintegrasi dengan TPACK.

Literasi Numerasi dengan bahasa sederhana adalah kemampuan dalam mengolah angka untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari. Berikut adalah tampilan dari perangkat pembelajaran penulis yang terdapat unsur Literasi Numerasi.

Kisi kisi ujian komprehensif PPG dalam jabatan 2022

  • Kemampuan mengidentifikasi masalah
  • Kemampuan mengeksplorasi penyebab masalah
  • Kemampuan menentuan penyebab masalah
  • Kemampuan eksplorasi penentuan solusi
  • Kemampuan penentuan solusi
  • Kemampuan membuat rencana aksi
  • Kemampuan membuat rencana evaluasi
  • Penguasaan materi yang mendukung HOTS
  • Penguasaan literasi numerasi
  • Kemampuan mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran

Yang paling penting pada uji komprehensif ini adalah kita mengerti tentang semua komponen yang kita susun dalam perangkat pembelajaran, tentang apa, mengapa dan bagaimana. Kita jawab pertanyaan tersebut dengan dasar kajian literatur dan juga hasil wawancara saat penyusunan LK 1, LK 2, rencana aksi dan rencana evaluasi.


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Kisi kisi Uji Komprehensif PPG Daljab 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel