Contoh Soal AKMI Literasi Madrasah - Guru Santai

Contoh Soal AKMI Literasi Madrasah

Latihan Soal dan Jawaban AKMI Literasi Jenjang MTs/Madrasah Kurikulum Merdeka - Salah satu ujian yang harus diikuti oleh para siswa adalah ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Berbeda dengan sekolah lainnya, bagi satuan pendidikan madrasah wajib mengikuti satu jenis tes lagi yaitu Tes AKMI.


AKMI merupakan akronim dari Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia. Ujian ini diseleggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai evaluasi dalam mengukur kompetensi peserta didik tingkat madrasah. Pengukuran ini termasuk dalam literasi numerasi, literasi membaca, literasi sosial budaya, dan juga literasi sains.


Peserta ujian AKMI adalah murid kelas 5 Madrasah Ibdtidaiyah (MI), kelas 8 Madrasah Tsanawiyah (MT), dan kelas 11 Madrasah Aliyah (MA) atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).


Contoh soal literasi numerasi dalam AKMI untuk MTs atau Madrasah kelas 8.



Bacaan Soal : 

Beberapa toko sepatu sedang memberikan diskon. Pada daftar harga berikut tertera daftar harga sepatu sebelum diskon dan setelah diskon di beberapa toko. Sebagai tambahan informasi, semua toko menjual barang yang sama.

Pertanyaan 1: 

Ayah ingin membeli sepasang sepatu impor dan sepasang sepatu lokal di toko yang sama. Agar memperoleh harga sepatu termurah, di mana ayah harus berbelanja?

A Toko Manda
B Toko Jelita
C Toko Amania
D Toko Zeleta

Jawaban: D Toko Zeleta


Pertanyaan 2: 

Nania mempunyai uang Rp200.000,00 dan ingin membeli satu pasang sepatu lokal dan satu pasang sepatu impor.

Agar sisa uangnya paling banyak, di toko mana saja (sepatu lokal dan sepatu impor boleh dibeli pada toko yang berbeda) ia harus membeli? Jika uangnya sisa, berapa rupiah sisa uangnya? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: 

Sepatu lokal di toko Manda dan sepatu impor di toko Zeleta. Sisa uangnya adalah 65.000.

Jelas pada tabel bahwa sepatu lokal dibeli di toko Manda karena menawarkan diskon terbesar (diskon 25% maka 75% dari 80.000 = 60.000) dan sepatu impor dibeli di toko Zeleta (75% dari 100.000 = 75.000) sehingga total 60 + 75 = 135.000 sisa 65.000.


Bacaan Soal : 

Parahnya Masalah Sampah Plastik di Indonesia

Masalah sampah plastik di Indonesia kembali menjadi sorotan publik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, pada tahun 2010, ada 275 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di seluruh dunia. Di antara jutaan ton sampah tersebut, sekitar 4,8 hingga 12,7 juta ton terbuang ke laut dan mencemari laut.

Di Indonesia, ada sekitar 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48 hingga 1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan. Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia.

pencemaran plastik di Indonesia pun diperkirakan akan terus meningkat. Hal itu dapat terjadi karena saat ini, industri-industri minuman di Indonesia tumbuh dengan pesat. Padahal, banyak produk minuman yang menggunakan plastik sekali pakai sebagai packaging. Pertumbuhan industri minuman yang sangat pesat tentu saja akan menghasilkan pertumbuhan jumlah sampah plastik yang semakin banyak. Terlebih, saat ini kapasitas pengolahan limbah plastik masih terbilang minim.

Pertanyaan : 

Dari berita tersebut, untuk mengurangi tingkat pencemaran plastik, peran apa yang bisa kamu lakukan sebagai siswa?

A. Membuat minuman berkemasan plastik secara pribadi
B. Membuat aturan mengenai larangan membuang sampah plastik
C. Tidak membuang sampah sembarangan
D. Membuang seluruh plastik yang dimiliki agar tidak menjadi sampah

JAWABAN: C


Bacaan Soal : 

Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh

"Aku tadi menawarkan bibit pohon belimbing kepada beberapa tetangga. Kalau mereka ikut menanam pohon, jalan kampung ini akan menjadi lebih teduh. Tidak seperti sekarang, ada bagian yang teduh, ada bagian yang panas," keluhku. "Ada yang beralasan, air sedang susah didapat. Ada yang berkata, 'Nanti, ya, tunggu musim hujan datang lagi.' Aku kecewa, Yah."

"Hmm... Mereka tidak ingin menggunakan air terlalu banyak. Saat ini, memang sebaiknya kita hemat air," kata Ayah. Tentu saja, aku semakin merengut. Kalau air tetap sukar didapat, tidak ada orang yang mau menanam pohon belimbing wuluh itu.

"Tapi, jangan khawatir. Masalah air untuk menyiram tanaman sebentar lagi akan terbantu oleh proyek Pak RT," kata Ayah. "Kampung kita akan punya Pandora L."

"Pandora L? Apa itu, Yah?"

"Ini maket dari pengolahan limbah yang baru saja selesai dibangun di kampung kita. Bangunan ini ada di dalam tanah dan berguna untuk mengolah limbah rumah tangga saja, seperti air cucian," kata Ayah.

Air hasil pengolahan dari Pandora L digunakan untuk kegiatan menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Pemasangan Pandora L terletak di Kampung Genteng Candirejo di tengah kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

(Diadaptasi dari Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh karya Tyas KW)

Pertanyaan : Di bawah ini adalah hal-hal yang menjadi topik pembicaraan antara tokoh Aku dan Ayah, kecuali ....
A. kekurangan air di musim kemarau
B. alat untuk mengolah air
C. pengadaan biaya untuk pemasangan pandor
D. penanaman belimbing wuluh

Jawaban: C


Pertanyaan : 

Taufiq ismail lahir di Bukittinggi, 25 Juni 1935. Masa kanak-kanak sebelum sekolah dilalui di pekalongan, Jawa Tengah.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah?

A. Kalimat tersebut seharusnya menggunakan tanda baca, tanda seru.
B. Nama diri dan nama kota seharusnya menggunakan huruf kapital.
C. Nama diri seharusnya menggunakan huruf besar atau kapital.
D. Kalimat tersebut tidak sesuai penulisannya dengan struktur kalimat.

Jawaban: B


Pertanyaan : 

Kondisi sosial budaya yang digambarkan dalam teks tersebut memberikan gambaran tentang ...

A. Kemampuan Khaterina Jhonson untuk mendobrak batasan atas perlakuan ras yang tidak adil.
B. Kerumitan hidup Khaterina Johnson membuatnya lebih kuat mentalnya.
C. Pengalaman Khaterina Johnson dalam kehidupan pribadinya yang banyak.
D. Penggambaran kemampuan Katherina Johson dalam perkembangan NASA.

Jawaban: A


Bacaan Soal : 

Iyok rebahan di kasur tuanya. Barang-barangnya berantakan. Kamar yang pada dasarnya tidak besar itu terlihat sumpek seperti kapal pecah. Tapi yang jelas, seberantakan apa pun kamarnya saat ini, tidak sebanding dengan keruwetan kepalanya.

Pertanyaan : 

Cara pengarang menggambarkan watak tokohnya adalah?
A. Diceritakan tokoh lain
B. Diceritakan langsung pengaran
C. Melalui ucapan tokoh-tokohnya
D. Gambaran keadaan di sekeliling tokoh

Jawaban D


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Contoh Soal AKMI Literasi Madrasah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel