Rangkuman PPKn Kelas 1 SD Bab 3 Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Rangkuman PPKn Kelas 1 SD Bab 3 Kurikulum Merdeka

Pengertian materi pembelajaran (instructional material) adalah bentuk bahan atau  seperangkat substansi pembelajaran untuk membantu guru/instruktur dalam kegiatan belajar mengajar yang disusun secara sistematis dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

implementasi materi pelajaran dalam pembelajaran untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga disusun secara sistematis untuk menampilkan sosok yang utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam proses pembelajaran.

Materi pelajaran supaya lebih muda di pelajari maka butuh di rangkum/ di ringkas. Di  dalam sebuah rangkuman tidak merubah isi atau garis besar informasi yang ada melainkan hanya pemadatan isi bacaan dan mengambil point-pointnya saja sehingga akan dapat mempermudah pembaca dan tentu agar lebih cepat memahami makna dari bacaan tersebut.





Dalam kesempatan yang baik ini Guru Santai bagikan rangkuman materi PPKn kelas 1 SD Kurikulum Merdeka  sebagai bahan referensi Bapak/Ibu dalam mengajar dan untuk sumber belajar bagi   peserta didik

Bab 3 Memperkenalkan diri dengan sopan


Keberagaman

Keberragaman dapat terjadi di Indonesia karena: letak geografis indonesia, perkawinan campur, dan iklim yang berbeda dari setiap daerah. Menurut kondisi geografis, Indonesia memiliki banyak pulau di mana setiap pulau tersebut memiliki sekelompok manusia yang membentuk suatu masyarakat. Dari masyarakat tersebut terbentuklah sebuah kebudayaan mengenai masyarakat itu sendiri. Tentu saja hal ini berimbas pada keberadaan kebudayaan yang sangat banyak dan beranekaragam.

Perbedaan

bahwa setiap individu memiliki perbedaan identitas dan latar belakang, memiliki perbedaan hobi atau kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki perbedaan bahasa, memiliki perbedaan suku, dan peserta utama memiliki perbedaan yang mungkin dimiliki. oleh ras bangsa Indonesia. Karena perbedaan ini merupakan suatu keistimewaan yang dimiliki masing-masing individu, maka sikap peserta didik harus mampu menerima, menerima dirinya dan menerima orang lain sehingga terwujud harmonisasi kebersamaan.

Kebinekaan Indonesia


Kebinekaan yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan. Dikatakan sebagai potensi, karena hal tersebut akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun budaya yang dapat menarik minat wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia

Kebinekaan bangsa Indonesia juga merupakan tantangan atau ancaman, karena dengan adanya kebinekaan tersebut mudah membuat masyarakat Indonesia berbeda pendapat yang sering lepas kendali, mudah tumbuhnya perasaan kedaerahan yang sangat sempit dikhawatirkan akan mengancam integrasi nasional.

Menerima Toleransi

Dalam arti yang sederhana, konsep toleransi dapat diajarkan dengan mengenalkan perbedaan yang ada di lingkungan peserta didik. Sebagai peserta didik, sikap yang dapat dilakukan untuk menciptakan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

perilaku ramah dan menerima teman.


Saling toleransi dan menghormati sesama.
Semangat kekeluargaan dengan saling bertegur sapa antar teman.
Menghormati teman yang sedang beribadah.
Tidak memiliki teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas.

Menerima Keberagaman


Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan gagasan yang terbaru karena sangat sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia. Semboyan tersebut bukan hanya sebatas slogan dan kata-kata mutiara belaka, melainkan melalui semboyan tersebut, dapat digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari untuk menghargai perbedaan yang ada di lingkungan sekitar kalian. Semboyan ini pada persatuan dan kesatuan bangsa.

Rangkuman Materi PPKn Bab 1,2,3,4 dan 5 Kilik pada gambar berikut ini





Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan mengenai Capaian Pembelajaran. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Rangkuman PPKn Kelas 1 SD Bab 3 Kurikulum Merdeka "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel