Rangkuman Materi PPKn Bab 4 Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Rangkuman Materi PPKn Bab 4 Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Ringkasan Materi PPKn Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Unit 4 Negara Kesatuan Republik Indonesa - Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus 1945, merupakan awal dari berdirinya negara Indonesia yang menjunjung nilai-nilai persatuan. Negara kita menginginkan setiap orang satu sama lain mengutamakan persatuan, persatuan yang dimaksud adalah saling membantu, tolong menolong, dan memiliki tujuan yang sama. 





Misalnya, jika di suatu kampung ada kejahatan yang terjadi, maka setiap orang di kampung tersebut bekerja sama untuk mencari siapa pelakunya. Agar tidak ada lagi kejahatan yang dapat mengancam keamanan dan kenyamanan di lingkungan kampung tersebut. Setiap orang di lingkungan itu harus kompak, untuk menjaga keamanan lingkungan.

Budi bersama ayahnya sering berjalan-jalan di gang dan bertegur sapa dengan orang - orang disana. Ayah Budi selalu menyampaikan bahwa orang-orang di sekitar rumah adalah saudara kita. Kalau kita membutuhkan bantuan, pasti tetangga kita langsung merespon dan membantu. Begitupun sebaliknya, ayah Budi juga menyampaikan bahwa kita dan tetangga merupakan satu komunitas.

Inilah Lingkungan Rumahku


Kita tinggal di rumah, tidak hanya berkawan dengan orang yang bersama kita di rumah. Melainkan rumah-rumah yang ada di dekat rumah kita, mereka juga adalah kawan kita, yang disebut dengan tetangga.

Kita sebagai tetangga, wajib saling bertegur sapa ketika berjumpa, wajib saling membantu jika ada yang membutuhkan pertolongan. Karena kita dan tetangga kita adalah satu kesatuan tempat tinggal. Rumah- rumah yang berdekatan disebut sekumpulan rukun tetangga. Jika kamu dan orang di rumahmu serta orang-orang di rumah sekitar lingkunganmu berkumpul dengan orang-orang yang berada di lingkungan rumah yang lain, maka disebut rukun warga.

Semua orang yang ada di lingkunganmu harus saling menghormati satu sama lain, saling tolong menolong dan gotong royong. Sebab inilah yang disebut dengan Indonesia.

Inilah Lingkungan sekolahku


Setiap hari kelas A membawa bekal ke sekolah. Makanan yang dibawa semua enak-enak. Pasa suatu hari, Eka dan Anggi duduk satu meja. Eka terlihat makan sambal menutupi wajah dan kepalanya. Karena penasaran, Anggi menegurnya.

“Kenapa Eka?” tanya Anggi. “Tidak apa-apa nggi,” jawab Eka. Namun karena tidak yakin, Anggi langsung menyingkirkan tangan Eka dan kaget melihat Eka Cuma membawa nasi tanpa lauk. Karena Iba dan merasa kasihan, Anggi membagikan lauk makanannya kepada Eka. Mereka pun makan bersama dengan hati yang senang.


Rangkuman Materi PPKn Bab 1 - 4 Kurikulum Merdeka Silahkan klik tautan link pada gambar berikut : 





Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Rangkuman Materi PPKn Bab 4 Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel