Rangkuman Materi PPKn Bab 3 Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Rangkuman Materi PPKn Bab 3 Kurikulum Merdeka

Ringkasan Materi PPKn Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Unit 3 Kita Beragam Tetapi Tetap Satu - Pada Unit 3 pembelajaran PPKn kelas 2, peserta didik akan belajar tentang jati diri dan kebhinekaan.



Jati Diri dan Kebinekaan 


Identitas Seseorang

Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai tempat kita tinggal, adalah negara yang memiliki berbagai Identitas yang berbeda-beda. Identitas yang dimiliki oleh seorang individu terbagi menjadi dua. Pertama, identitas personal (personal identity) dan Kedua identitas sosial.

Identitas personal

Identitas personal merupakan hasil dari suatu identifikasi diri, oleh dirinya sendiri, dengan Asesmen dari orang lain. Identitas personal merupakan suatu karakter tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang membedakan dari orang lain. 

Identitas personal dapat berupa ciri-ciri fisik seperti wajah dan tinggi badan, atau ciri psikologis seperti sifat, tingkah laku, dan gaya bicara.

Identitas sosial

Identitas sosial merupakan hasil dari identifikasi diri oleh orang lain, dan merupakan suatu identifikasi yang disetujui atau diberikan seorang pelaku sosial (social actor) ke pada seorang individu (Rummens, 1993). Identitas sosial dapat meliputi antara lain religi, etnis (suku bangsa), dan kelas sosial.

Kebinekaan


Bhineka Tunggal Ika dapat ditemukan dalam Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Bhinneka artinya beragam Tunggal artinya Satu Ika artinya beragam yang satu.

Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu jua. Artinya, walaupun di Indonesia terdapat banyak suku, agama, ras, budaya, adat, Bahasa dan lain-lain, namun tetap satu kesatuan sebangsa dan setanah air.

Meskipun masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang pluralistik dari sisi ras, etnis, bahasa, status sosial, kepercayaan, dan sebagainya, namun merupakan suatu kesatuan guna mencapai tujuan bersama dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasar Pancasila dan UUD 1945.

Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, budaya, dan bahasa sudah sejak dulu memiliki sikap saling menghormati. Hal itu telah terbukti dengan kelahiran Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.


Rangkuman Materi PPKn Bab 1 - 4 Kurikulum Merdeka Silahkan klik tautan link pada gambar berikut : 




Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Rangkuman Materi PPKn Bab 3 Kurikulum Merdeka "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel