Rangkuman Materi PPKN Bab 1 Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Rangkuman Materi PPKN Bab 1 Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Pada materiini akan dijelaskan tentang lima simbol Pancasila, hubungan lima simbol Pancasila dengan sila-sila Pancasila, tugas dan peran dalam kegiatan bersama, hal-hal penting bagi diri dan orang lain, bertanggungjawab terhadap hal penting, serta penerapan nilainilai Pancasila dalam keseharian.


Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia berbentuk Garuda Pancasila yang kepalanya menoleh lurus ke sebelah kanan, perisai berupa jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. 

Garuda memiliki paruh, sayap, ekor, dan cakar yang mewujudkan lambang tenaga pembangunan. Garuda memiliki sayap yang masing-masing berbulu 17, ekor berbulu 8, pangkal ekor berbulu 19, dan leher berbulu 45. Di tengah-tengah perisai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 terdapat sebuah garis hitam tebal yang melukiskan katulistiwa. 

Lambang Negara menggunakan warna pokok yang terdiri atas: 
  • a. warna merah di bagian kanan atas dan kiri bawah perisai; 
  • b. warna putih di bagian kiri atas dan kanan bawah perisai; 
  • c. warna kuning emas untuk seluruh burung Garuda; 
  • d. warna hitam di tengah-tengah perisai yang berbentuk jantung; dan 
  • e. warna alam untuk seluruh gambar lambang. 

Lima Simbol Pancasila


Lambang negara kita adalah “Garuda Pancasila.” Garuda terlihat gagah seperti burung elang Rajawali. Di tengahnya terdapat perisai. Perisai itu memuat lima simbol Pancasila. Lima simbol tersebut secara berurutan adalah 

1. cahaya berbentuk bintang

Cahaya berbentuk bintang jumlahnya ada satu. Simbol cahaya berbentuk bintang berada di tengah-tengah perisai. 

2. rantai

Simbol yang kedua adalah rantai. Jumlah rantainya ada satu rangkaian yang terdiri dari 17 mata rantai. Simbol rantai ini berada di pojok kanan bawah perisai.

3. pohon beringin

Simbol yang ketiga adalah pohon beringin. Jumlah pohon ada satu. Simbol pohon beringin berada di pojok kanan atas perisai. 

4. kepala banteng

Simbol yang keempat ada kepala banteng. Banteng adalah nama hewan. Kepala banteng jumlahnya ada satu. Simbol kepala banteng berada di pojok kiri atas perisai. 

5` serta padi dan kapas. 

Simbol kelima ada padi dan kapas. Padi dan kapas adalah tumbuhan. Jumlah padi dan kapas masing-masing satu tangkai. Simbol padi dan kapas berada di pojok kiri bawah perisai.
 

Di tubuh burung Garuda juga terdapat perisai atau tameng yang melambangkan perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai sebuah tujuan. Perisai atau tameng ini merupakan bagian senjata yang telah lama menjadi kebudayaan bangsa Indonesia.

Di tengah-tengah perisai atau tameng terdapat garis hitam tebal yang melukiskan garis  khatulistiwa. Indonesia terletak di garis khatulistiwa dari timur ke barat, sehingga beriklim tropis. 

Warna dasar pada perisai atau tameng ada tiga warna, yaitu merah dan putih melambangkan warna bendera serta warna hitam pada bagian tengahnya. Pada perisai atau tameng juga terdapat lima buah ruang yang mewujudkan  lambang tiap sila dasar negara Pancasila. Berikut lambangnya:



Pada bagian bawah terdapat pita dicengkeram kaki burung Garuda yang bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” yang merupakan semboyan bangsa Indonesia yang berarti berbeda-beda tetapi satu kesatuan. 

Hubungan Lima Simbol dengan 5 Sila Pancasila 

Dalam burung Garuda Pancasila terdapat lima simbol; yaitu bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas. Kelima simbol tersebut melambangkan dari 5 sila Pancasila dengan penjelasan sebagai berikut: 

1. Simbol Bintang Bintang merupakan simbol kesatu yang melambangkan sila kesatu yang berbunyi, “Ketuhanan Yang Maha Esa.” 

2. Simbol Rantai Rantai merupakan simbol kedua yang melambangkan sila kedua yang berbunyi, “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.” 

3. Simbol Pohon Beringin Pohon beringin merupakan simbol ketiga yang melambangkan sila ketiga yang berbunyi, “Persatuan Indonesia.” 

4. Simbol Kepala Banteng Kepala banteng merupakan simbol keempat yang melambangkan sila keempat yang berbunyi, “Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.” 

5. Simbol Padi dan Kapas Padi dan kapas merupakan simbol kelima yang melambangkan sila kelima yang berbunyi, “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.” 


Hal-Hal Penting Dalam Kegiatan Bersama


Kita merupakan makhluk sosial. Dalam kehidupan sehari-hari selalu membutuhkan orang lain. Kegiatan bersama orang lain dapat dilakukan di rumah dan di sekolah. Kegiatan bersama dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan. Sebagai contoh, jika di rumah ada kegiatan bersih-bersih rumah, maka semua warga rumah akan bekerja. Kegiatan bersih-bersih di rumah terdapat hal-hal penting yang perlu terus dilakukan. 

Hal-hal penting dalam kegiatan bersih-bersih di rumah misalnya; 

bertujuan sama, kerja sama, saling membantu, bersikap baik dan sopan, saling menghormati dan lain-lain. 

Untuk kegiatan bersama di sekolah, misalnya; upacara bendera, kerja kelompok atau piket kelas sama dengan kegiatan bersama di rumah.

Kegiatan bersama di rumah dan di sekolah terdapat hal-hal penting yang harus selalu dilakukan. Dengan demikian, jika seseorang dapat melaksanakan hal-hal penting dalam kegiatan bersama, maka itu sudah mempunyai sikap tanggungjawab.

Nilai-Nilai Pancasila dalam Kegiatan Bersama 


Dalam kegiatan bersama yang dilakukan di rumah dan sekolah, banyak nilai-nilai yang sesuai dengan sila-sila Pancasila. Sebagai seorang makhluk sosial, manusia akan selalu berhubungan dan berdampingan dengan manusia lainnya. Nilai-nilai Pancasila sesuai sila-sila Pancasila yaitu; 
  1. Sila kesatu; meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa, memeluk satu agama yang diakui, menjalankan perintah agama sesuai yang dianut; 
  2. Sila kedua mengakui persamaan derajat antar manusia, bersikap adil, dan berakhlak mulia kepada sesama; 
  3. Sila ketiga; bersatu, bertujuan sama, toleransi, komunikasi, interaksi 
  4. Sila keempat; berkumpul bersama/ musyawarah, persamaan hak dan kewajiban, kebebasan berpendapat, menghargai pendapat orang lain, lapang dada; 
  5. Sila kelima; adil dan bijaksana bagi sesama, mementingkan kepentingan umum, adanya jaminan sosial.

Rangkuman Materi PPKn Bab 1 - 4 Kurikulum Merdeka Silahkan klik tautan link pada gambar berikut : 




Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Rangkuman Materi PPKN Bab 1 Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel