Rangkuman IPAS Kelas 4 SD Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita? - Guru Santai

Rangkuman IPAS Kelas 4 SD Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?

Rangkuman IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita? - Setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan. Misalnya kebutuhan paling mendasar adalah makanan dan tempat tinggal. Namun, setiap orang juga memiliki kebutuhan lainnya yang berbeda-beda. 

Topik A: Aku dan Kebutuhanku


Kalian membutuhkan makanan untuk menghilangkan rasa lapar. Minum untuk menghilangkan haus. Ini dinamakan kebutuhan. 

Contohnya kamera akan menjadi sebuah kebutuhan primer untuk seorang fotografer. Namun untuk orang lain, bisa jadi menjadi kebutuhan sekunder atau tersier. 

Topik B: Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku?


Zaman dahulu sebelum ada uang, manusia melakukan tukar-menukar barang untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya. Cara ini dinamakan barter. 

Perdagangan atau tukar menukar mulai berkembang. Ada sebuah masa ketika logam mulia seperti emas, perak, dan tembaga menjadi pengganti uang barang sebagai nilai tukar. 

Topik C: Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan



Ibu Mira berperan sebagai pembeli. Penjual sayur berperan sebagai yang menjual kebutuhan atau penjual. Pasar sendiri adalah tempat jual beli. 

skema alur kegiatan ekonomi


 

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan membuat barang. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut produsen. Contoh yang melakukan kegiatan produksi adalah pabrik sepatu, pengrajin anyaman, penjahit.

2. Kegiatan Distribusi

Kegiatan menyalurkan barang hasil produksi. Orang atau tempat melakukan kegiatan ini disebut distributor. Contoh agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer. Distributor mempermudah pemenuhan kebutuhan tanpa perlu pergi ke pabrik pembuatan langsung.

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan pemakaian barang hasil produksi. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi ini disebut konsumen. Kalian telah mengetahui tempat-tempat terjadinya jual beli, bukan? Sekarang kalian akan bekerja dalam kelompok untuk mengetahui lebih lanjut kegiatan ekonomi yang terjadi di tempat jual beli.

Baca Juga Rangkuman : 

Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan mengenai Capaian Pembelajaran. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Rangkuman IPAS Kelas 4 SD Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel