Rangkuman IPAS Bab 4 Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Rangkuman IPAS Bab 4 Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Ringkasan Materi IPAS Bab 4 Mari Berkenalan dengan Bumi Kita Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka -  Pada bab ini akan belajar tentang struktur permukaan Bumi dan mencoba mencari tahu bagaimana struktur permukaan Bumi dapat beruba hubah dari waktu ke waktu akibat perbuatan manusia ataupun karena kondisi alam.




Topik A: Ada Apa Saja di Bumi Kita?


Mungkin kebanyakan berpikir bahwa bentuk permukaan Bumi datar seperti permukaan jalan. Padahal, bentuk permukaan Bumi pada kenyataannya tidaklah rata. Ada daerah yang lebih tinggi maupun lebih rendah dibandingkan daerah lainnya. Bentuk permukaan Bumi yang memiliki perbedaan tinggi-rendah ini dikenal dengan istilah relief.


para ilmuwan membagi Bumi menjadi tiga bagian, yaitu litosfer (daratan), hidrosfer (perairan), dan atmosfer (udara). Di daratan (litosfer) terdapat beberapa daerah di permukaan Bumi yang memiliki istilah-istilah berikut ini.




permukaan Bumi yang digenangi air dan disebut hidrosfer


Topik B: Bagaimana Bumi Kita Berubah?

 

Permukaan Bumi senantiasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan ini bisa terjadi akibat banyak hal, baik hal-hal yang dilakukan oleh manusia ataupunvhal-hal yang berkaitan dengan faktor alam. Contoh perubahan faktor alam, di antaranya gempa Bumi, gunung meletus, tsunami, hujan badai, angin puting beliung, dan sebagainya. Adanya bencana alam ini dapat mengubah kondisi lingkungan di sekitar kita. Misalnya, tsunami dapat menyebabkan lingkungan menjadi rusak. Pada umumnya, perubahan faktor alam ini sulit untuk kita kendalikan.

 

Berbeda dengan perubahan karena hal-hal yang dilakukan oleh manusia. Contoh perubahan karena aktivitas manusia, di antaranya pembangunan area perumahan, pabrik, jalan tol, dan gedung-gedung perkantoran di daerah dapat menyebabkan kondisi alam, seperti tepi sungai, hutan, area persawahan mengalami perubahan


Topik C: Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-ubah?

 

1  Permukaan Bumi terdiri atas beberapa lempeng yang senantiasa bergerak.

2  Bagian kerak Bumi (lapisan terluar permukaan Bumi) berwujud padat, sedangkan

bagian mantel dan inti luar Bumi berwujud cair.

3  Pergerakan lempeng Bumi terjadi akibat adanya arus konveksi di bagian inti luar dan mantel Bumi.

 

Lempeng-lempeng ini akan bergerak sedemikian rupa akibat Bumi mengalami perubahan


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Rangkuman IPAS Bab 4 Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel