Rangkuman IPAS Bab 3 Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Rangkuman IPAS Bab 3 Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Ringkassan Materi IPAS Kelas 5 SD Bab 3 Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan Kurikulum Merdeka - Pada bab ini, akan melanjutkan pembelajarannya mengenai transformasi energi dan gaya saat di kelas 4. diharapkan mampu mengidentifikasinserta memanfaatkan gaya magnet dan gaya listrik untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pemahamannya terhadap konsep gaya magnet dan listrik, adik adik dapat menjelaskan bagaimana penerapannya dalam teknologi yang ada di sekitar.



Topik A: Apa dan Untuk Apa Magnet Diciptakan?



Apa Itu Magnet? Magnet adalah suatu benda yang memiliki kemampuan menarik benda-benda lain yang ada di sekitarnya. sifat magnetik adalah kemampuan untuk dapat ditarik oleh magnet. Benda yang tidak memiliki sifat kemagnetan sama sekali, seperti kayu, beras, kerikil


Jenis-jenis Magnet


Berdasarkan sifat kemagnetannya, magnet dibagi menjadi beberapa tipe:

1 Magnet permanen

Benda yang tergolong magnet permanen memiliki kekuatan magnet yang tidak dapat hilang dengan mudah. Contohny, magnet yang terdapat pada pengeras suara, pintu kulkas, jam tangan

2 Magnet sementara

benda yang tergolong tipe magnet ini memiliki sifat kemagneta yang sementara. Ketika benda ini berada dalam suatu medan magnet, benda tersebut akan memiliki sifat kemagnetan. Namun, benda ini akan kehilangan sifat kemagnetannya ketika tidak berada dalam suatu medan magnet.

3 Elektromagnet

Electromagnet merupakan suatu benda yang dapat menghasilkan gaya magnet ketika benda tersebut dialiri listrik.

Mengapa Magnet Bisa Menarik Logam? magnet dapat menarik logam lainnya karena memiliki gaya medan magnet

B: Bagaimana Cara Mendapatkan Energi Listrik?

Energi listrik bisa kita dapatkan dari sumber listrik arus searah (DC) dan sumber listrik arus dua arah (AC). Contohnya, baterai sebagai sumber arus listrik searah digunakan untuk memfungsikan ponsel pintar, komputer jinjing, senter, lampu kendaraan dan sebagainya. Adapun sumber arus listrik dua arah yang kita dapatkan dari pasokan PLN biasanya digunakan untuk memfungsikan peralatan elektronik, seperti kulkas, televisi, lampu, pompa air, kompor listrik, penanak nasi, pencampur, dan sebagainya.

PLN memiliki pembangkit listrik di berbagai daerah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di seluruh negeri. Pembangkit listrik merupakan sebuah ‘pabrik’ atau tempat yang berfungsi mengubah suatu energi menjadi energi listrik. Jenis pembangkit listrik pun beragam, bergantung proses konversi energi listrik yang terjadi.

Di dalam sebuah rangkaian listrik pasti memiliki tegangan listrik. Tegangan listrik merupakan perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam sebuah rangkaian listrik.

Topik C: Teknologi untuk Kehidupan

Teknologi adalah penerapan dari ilmu pengetahuan yang membantu kita menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari

Contohnya, ketika malam tiba, keadaan di sekitar kita menjadi gelap. Oleh karena itu, para ilmuwan menciptakan teknologi lampu sehingga pada saat malam hari menjadi terang. Ketika kita sulit melakukan perjalanan jauh, ilmuwan menciptakan kendaraan bermotor agar kita bisa melakukan perjalanan jauh tanpa kelelahan.

Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Rangkuman IPAS Bab 3 Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel