Rangkuman IPAS Kelas 4 SD Bab 4 Mengubah Bentuk Energi - Guru Santai

Rangkuman IPAS Kelas 4 SD Bab 4 Mengubah Bentuk Energi

Rangkuman Mapel IPAS Kelas 4 SD BAB 4 Kurikulum Merdeka / Merdeka Belajar - Energi tidak dapat diciptakan. Energi juga tidak dapat dimusnahkan. Namun, energi bisa kita ubah bentuknya. Dalam kehidupan sehari￾hari manusia menggunakan energi dengan mengubah bentuknya. Energi kimia dari makanan diubah menjadi energi gerak saat kita berjalan dan beraktivitas

Topik A: Transformasi Energi di Sekitar Kita


Gerakan menggesekkan tangan akan menghasilkan energi panas. Hal itu mengubah energi gerak menjadi bentuk energi yang lain, yaitu energi panas. Perubahan bentuk energi inilah yang disebut dengan transformasi energi. 

Umumnya alat-alat buatan manusia adalah alat untuk mengubah bentuk energi. Pada suatu alat, bisa terjadi perubahan energi lebih dari satu kali. 

Contohnya adalah baterai. Baterai menyimpan energi kimia. Ketika digunakan, baterai akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik ini kemudian diubah lagi menjadi bentuk lain sesuai fungsi alatnya.




Energi cahaya Matahari juga bisa diubah menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya. Panel surya menyimpan energi kimia yang bisa mengubah cahaya Matahari menjadi energi listrik.

Topik B: Energi yang Tersimpan


Umumnya sumber energi yang ada di alam tersimpan dalam berbagai macam benda. Energi yang tersimpan pada suatu benda disebut sebagai energi potensial. Artinya benda ini memiliki potensi atau kemampuan untuk menjadi sumber energi. Namun, tentu saja membutuhkan transformasi energi untuk memanfaatkannya. 

Topik C: Energi yang Bergerak


Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh gerakan. Semua yang bergerak artinya memiliki energi kinetik. 



Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan mengenai Capaian Pembelajaran. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Rangkuman IPAS Kelas 4 SD Bab 4 Mengubah Bentuk Energi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel