Rangkuman Materi IPAS Kelas X SMK Pengertian Besaran dan Satuan Beserta Contohnya - Guru Santai

Rangkuman Materi IPAS Kelas X SMK Pengertian Besaran dan Satuan Beserta Contohnya

Rangkuman Materi IPAS Kelas X SMK Kurikulum Merdeka : Pengertian Besaran dan Satuan Beserta Contohnya - Pada pembelajaran ini, kalian akan melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar dan menggunakan alat ukur yang tepat. Mengukur panjang garis menggunakan penggaris, mengukur banyaknya beras yang akan dimasak dengan timbangan, dan mengukur waktu yang dibutuhkan menggunakan jam.

Dalam melakukan pengukuran itu ada sesuatu yang akan dicari. Sesuatu itu dapat berupa panjang benda, jarak antara dua kota, waktu yang dibutuhkan untuk lari, suhu tubuh orang sehat, massa benda, berat benda, banyaknya halaman buku, luas tanah, volume air, volume balok kayu, kecepatan mobil, kecepatan motor, dan sebagainya. Sesuatu yang akan dicari itu disebut besaran.

Besaran adalah sesuatu yang dapat dinyatakan dengan angka atau nilai dan memiliki satuan. Satuan adalah ukuran dari besaran yang berupa angka atau nilai.

Besaran memerlukan angka. Angka dari besaran itu memerlukan pengiring. Panjang meja akan memiliki angka dengan pengiringnya. Tidak hanya panjang meja 150, tetapi panjang meja 150 cm.

Lamanya tidur menunjukkan waktu. Waktu termasuk besaran. Besaran lainnya adalah panjang, massa, suhu, kuat arus listrik, kekuatan cahaya, banyaknya zat, luas, volume, kecepatan, percepatan, gaya, tekanan, usaha, dan energi.

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan tersendiri, telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain.

Macam-macam besaran pokok: panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, jumlah zat, dan intensitas cahaya

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan atau dijabarkan dari besaran pokok. Contoh besaran turunan dapat dilihat pada tabel berikut.



Berdasarkan nilai dan arahnya, besaran dibagi menjadi 2, yaitu besaran skalar dan vektor.


Besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai dan tidak memiliki arah. Contohnya adalah semua besaran pokok, energi, kelajuan, usaha, luas, daya, volume, dan lain-lain.

Besaran vector adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Contohnya adalah perpindahan, kecepatan, percepatan, gaya momentum, medan magnet, dan lain-lain.



Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Rangkuman Materi IPAS Kelas X SMK Pengertian Besaran dan Satuan Beserta Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel