Komponen Pembelajaran Digital - Guru Santai

Komponen Pembelajaran Digital

pembelajaran digital sebagai sebuah sistem memiliki beragam komponen sebagai subsistem penyusun. komponen pembelajaran digital meliputi unsur fisik dan non fisik. - Pada era sekarang pembelajaran digital atau e-learning sudah mulai banyak berkembang. Banyak pihak memanfaatkan internet sebagai media dalam melakuan pembelajaran karena berbagai kemudahan, keuntungan maupun ke efektifan yang bisa didapat dari penggunaan e-learning. 

Meskipun perkembangan dan penerapan e-learning di Indonesia saat ini belum maksimal bahkan cenderung masih menjadi minoritas, namun e-learning patut dipertimbangkan agar banyak diterapkan pada pendidikan di Indonesia.




Dalam proses pembelajaran digital dapat dilaksanakan jika terdapat komponen-komponen sebagai subsistem penyusun pembelajaran yang saling berhubungan. Pada e-learning ada beberapa komponen pembelajaran yang terlibat dan saling berhubungan membangun e-learning secara aktif dan terus menerus.

Konsep Pembelajaran Digital


Berdasarkan tiga konsep di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran perlu disikapi sebagai sebuah sistem, yang didalamnya terdapat komponen - komponen pendukung. Bahkan tidak hanya komponen fisik (tangible) seperti infrastruktur dan perangkat, tapi juga diperlukan regulasi, kebijakan, perencanaan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, evaluasi, hingga lingkungan yang suportif. 

Menurut Dabbagh & Bannan-Ritland dalam Sutopo (2012: 150) setidaknya terdapat tiga komponen pembelajaran yang terlibat dan berinteraksi dalam pembelajaran digital atau e-learning. Tiga Komponen Pembelajaran yang Terlibat dalam E-Learning antara lain:
  1. Strategi Pembelajaran, seperti kolaborasi, refleksi, permainan, peran, eksplorasi, dan lain-lain.
  2. Model Pendidikan, seperti pendidikan terbuka, fleksibel, terdistribusi, dan lain-lain.
  3. Teknologi pembelajaran, seperti perangkat komunikasi, perangkat multimedia, course management system, asynchronous dan synchronous, dan lain-lain.

Pengembang pembelajaran digital harus sangat memperhatikan hubungan antara komponen pembelajaran satu dengan yang lainnya. Karena hal ini sangat berpengaruh dan bermanfaat untuk menjaga proses pembelajaran agar tetap berjalan dengan baik dan dapat dimonitor atau diawasi dengan baik.

Keuntungan pembelajaran digital adalah media yang menyenangkan, sehingga menimbulkan ketertarikan pembelajar pada program-program digital. Pembelajar yang belajar dengan baik akan cepat memahami komputer atau dapat mengembangkan dengan cepat keterampilan komputer yang diperlukan, dengan mengakses Web. Oleh karena itu, pembelajar dapat belajar di mana pun pada setiap waktu.


Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Komponen Pembelajaran Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel