Model Pembelajaran Project Based Learning - Guru Santai

Model Pembelajaran Project Based Learning

Pengertian dan Sintak Model Pembelajaran Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka - model pembelajaran project based learning ini menjadi ciri khas dari Kurikulum Merdeka. Untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila. Dalam kurikulum prototipe, sekolah diberikan keleluasaan dan kemerdekaan untuk memberikan proyek-proyek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah. Pembelajaran berbasis proyek dianggap penting untuk pengembangan karakter siswa karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman (experiential learning).

Project Based Learning juga dapat diartikan sebagai model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berangkat dari suatu latar belakang masalah untuk mengerjakan suatu project atau aktivitas nyata yang akan membuat siswa mengalami berbagai kendala kontekstual sehingga harus melakukan invertigasi dan pemecahan masalah untuk dapat menyelesaikan masalah sehingga dapat mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Tujuan Project Based Learning adalah meningkatkan motivasi belajar, team work, keterampilan kolaborasi dalam pencapaian kemampuan akademik level tinggi/taksonomi tingkat kreativitas yang dibutuhkan pada abad 21 (Cole & Wasburn Moses, 2010).



Sintak/tahapan model pembelajaran Project Based Learning

  • a. Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the Essential Question);
  • b. Mendesain perencanaan proyek;
  • c. Menyusun jadwal (Create a Schedule);
  • d. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project);
  • e. Menguji hasil (Assess the Outcome), dan
  • f. Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience).

Kumpulan Model Pembelajaran yang bisa digunakan pada Kurikulum merdeka silahkan klik pada gambar berikut ini


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya

0 Response to "Model Pembelajaran Project Based Learning"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel