Rangkuman IPAS Kelas 4 SD BAB 3 Gaya di Sekitar Kita - Guru Santai

Rangkuman IPAS Kelas 4 SD BAB 3 Gaya di Sekitar Kita

Rangkuman BAB 3 Gaya Disekitar Kita Materi IPAS kelas IV SD Kurikulum Merdeka - Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari kita sering menyebabkan benda bergerak. Misalnya saat kita melempar bola, menarik mainan dengan tali, bermain plastisin, atau membuka dan menutup pintu.



Topik A: Pengaruh Gaya Terhadap Benda


Ketika kita mendorong, menarik, dan mengangkat sebuah benda, kita sedang memberikan gaya pada benda tersebut. Gaya adalah interaksi pada benda dalam bentuk tarikan atau dorongan. Interaksi ini akan menggerakan benda bebas. Akibatnya benda diam bisa menjadi bergerak.

gaya gesek. Arah gaya gesek berlawanan dengan arah gerak benda. Semakin lebar dan luas permukaan benda yang bergesekan maka gaya gesek akan semakin besar. Artinya benda akan semakin susah bergerak dan terasa lebih berat ketika didorong.

Topik B: Magnet, Sebuah Benda yang Ajaib


Magnet banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kompas terbuat dari magnet berbentuk jarum. Ujung magnet ini akan selalu mengarah ke selatan dan utara. Makanya alat ini dipakai untuk penunjuk arah.

Kekuatan magnet paling besar ada di kutub utara dan kutub selatannya Bumi. Oleh karena itu jarum magnet pada kompas akan selalu tertarik ke arah kutub Bumi kita.

Magnet juga dipakai untuk menggerakan kereta super cepat bernama kereta maglev. Kereta ini banyak dipakai di Jepang dan Eropa.

Topik C: Benda yang Elastis


Per adalah benda elastis selainkaret dan banyak digunakan dalam benda pegas. Contoh per, karet 

Topik D: Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara?


Gaya gravitasi Bumi ini akan menarik benda-benda yang ada di Bumi ke intinya. Hal inilah yang menyebabkan benda-benda di Bumi tidak melayang - layang. 

Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kita lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang ke angkasa. Bahkan, manusia sendiri dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah.



Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan mengenai Capaian Pembelajaran. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Rangkuman IPAS Kelas 4 SD BAB 3 Gaya di Sekitar Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel