Fungsi Seni Rupa dalam Kehidupan Sehari-Hari - Guru Santai

Fungsi Seni Rupa dalam Kehidupan Sehari-Hari

Seni Rupa dalam Kehidupan Sehari-Hari memiliki fungsi dan peran yang begitu penting. Secara umum, seni rupa memiliki 5 fungsi utama yakni sebagai sarana untuk memenuhi nilai Seremonial, artistik, naratif, fungsional, dan persuasif.




Fungsi seremonial sendiri lebih untuk tujuan acara atau untuk meluncurkan suatu peristiwa/kejadian/era tertentu yang berkontribusi terhadap budaya dan aktivitas ritualistik dalam masyarakat.


Fungsi naratif sebuah seni berguna untuk menceritakan kembali atau menggambarkan sesuatu yang ingin disampaikan oleh seniman pembuatnya. Contohnya Relief


Fungsi artistik, sebuah seni rupa lebih menekankan aspek estetika atau keindahannya. Produk seni ini biasanya digunakan oleh para seniman sebagai media untuk mengekspresikan emosi, perasaan, ide, atau pengetahuan yang diungkapkan.


Fungsi fungsional, di mana ia memiliki nilai guna. Contohnya saja adalah furniture kayu seperti meja, lemari dan kursi.


fungsi Persuasi dalam karya seni rupa sendiri lebih berguna untuk mempromosikan ide, filosofi atau produk. Contohnya saja adalah logo, banner dan poster.



Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Fungsi Seni Rupa dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel