Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Profesi Guru BK PPG Daljab tahun 2022 - Guru Santai

Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Profesi Guru BK PPG Daljab tahun 2022

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.

Secara umum, tujuan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, yaitu menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.



Uji kompetensi sebagai ujian akhir terdiri dari ujian tulis dan ujian kinerja. Ujian kompetensi tersebut ditempuh setelah peserta lulus semua program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Peserta yang lulus uji kompetensi berhak untuk memperoleh sertifikat pendidik bernomor registrasi yang dikeluarkan oleh penyelenggara PPG.

Download Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Profesi Guru BK PPG Daljab tahun 2022


1. Pernyataan mana kah yang paling menggambarkan posisi bimbingan dan konseling di Indonesia dewasa ini ?

A. Bimbingan dan konseling telah sepenuhnya menjadi suatu profesi

B. Bimbingan dan konseling merupakan suatu profesi, namun masih memerlukan penataan, terutama dalam peningkatan mutu kompetensi SDM - nya

C. Bimbingan dan konseling belum dapat dikatakan sebagai suatu profesi, karena masih terdapat beberapa kriteria yang belum terpenuhi

D. Bimbingan dan konseling tidak dapat dikatakan sebagai profesi, karena personel pelaksananya banyak yang ti dak berlat arbelakang pendidikan bimbingan dan konseling

2. Menurut UU No. 20/23 tentang Sisdiknas, konselor merupakan salah satu tenaga pendidik yang sejajar dengan tenaga-tenaga pendidik berikut, kecuali…

A. Tutor

B. Dosen

C. Widyaiswara

D. Kepala sekolah

Dalam kesempatan yang baik ini Guru Santai ingin berbagi informasi sebagai bahan referensi bapak / ibu guru dalam  belajar mengerjakan uji kompetensi Profesi Guru BK PPG Daljab. Bagi Bapak / Ibu guru yang memerlukan silahkan Unduh pada link berikut :



Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Profesi Guru BK PPG Daljab tahun 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel