Soal AKM Literasi dan Numerasi BHS Indonesia Tingkat SMP Kelas 9 - Guru Santai

Soal AKM Literasi dan Numerasi BHS Indonesia Tingkat SMP Kelas 9

Soal AKM / ANBK 2022 Jenjang SD SMP SMA - Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2022 akan segera berlangsung mulai 1 Agustus 2022. Tes ini merupakan bentuk evaluasi yang dibuat oleh Kemdikbud dalam mengevaluasi mutu pendidikan siswa di Indonesia.

ANBK sejatinya merupakan nama lain dari UNBK, kendati demikian hasil tes ANBK 2022 bukan menjadi faktor utama penentu kelulusan siswa SD hingga SMK.

Adapun peserta yang akan mengikuti ANBK 2022 mencakup kepala sekolah, guru, siswa SD kelas 5, SMP kelas 8, dan SMA-SMK kelas 11.

Sementara itu mengenai bentuk soal ANBK 2022 sama seperti tahun sebelumnya yaitu terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

ANBK 2022 sebentar lagi, segeralah persiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut melalui beragam latihan soal.


Berikut Guru Santai Bagikan Contoh Soal AKM Literasi dan Numerasi mata pelajaran Bhs Indonesia tingkat SMP tahun 2022

1.  Baca dengan cermat teks berikut!

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen orang tua siswa menginginkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bagi anak-anaknya. Namun, hingga saat ini baru 55 persen sekolah yang membuka PTM terbatas. Mendikbud mengatakan, untuk mendukung PTM terbatas perlu peran orang tua sebagai garda terdepan dalam menjaga kesehatan dan pendidikan anak-anak. "Orang tua adalah garda depan (pemenuhan) kesehatan dan pendidikan bagi anak-anaknya. Mereka harus berperan aktif agar sekolah disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes)," ucap Nadiem. Nadiem berpesan kepada semua elemen bahwa peraturan mengenai PTM sudah jelas. Jadi orang tua, guru, tenaga pendidik, dan masyarakat lain di sekolah tinggal mengikuti aturan yang berlaku untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Apa maksud orang tua menjadi garda terdepan dalam pembelajaran tatap muka?

A. Orang tua bertanggung jawab penuh terhadap kemajuan belajar dan kesehatan para siswa.
B. Orang tua harus berperan aktif supaya sekolah tetap tertib menjalankan protokol kesehatan.
C. Orang tua wajib mengikuti aturan yang berlaku untuk mendukung pembelajaran tatap muka.
D. Orang tua sudah sewajarnya menjadi ujung tombak pendamping kegiatan bagi anak-anaknya.

2. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Serangan informasi atau berita hoaks berkeliaran di media sosial berbasis digital. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati dalam 'mengonsumsi'nya sebab bisa termakan isu yang tidak jelas kebenarannya itu. Terkait dengan hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membeberkan strategi jitu untuk menangkal serangan hoaks di semua platform digital. Caranya, disampaikan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong, yaitu memulai hulu ke hilir. Dari hulu kita melakukan literasi digital agar masyarakat tidak mudah terjebak hoaks, menyebarkan hoaks. Kemudian di tengah, kita memiliki EA yang kita sebut AIS yang berfungsi meng-crowling, menjaring hoaks-hoaks, termasuk konten negatif seperti pinjol Ilegal, perjudian, dan pornografi. Ada juga tim yang memantau 24 jam medsos dan platform. Sementara itu, untuk di hilir sendiri, Kemkominfo melakukan langkah-langkah strategis mulai dari memblokir situs hingga berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dalam hal ini kepolisian untuk memproses pelaku hoaks.

Pernyataan

(1) Masyarakat harus berhati-hati dengan banyaknya berita hoaks yang muncul di media sosial.
(2) Strategi jitu untuk menangkal serangan hoaks dilakukan secara bertahap diawali dari hilir.
(3) Langkah strategis dari hulu yang dilakukan Kemkominfo adalah dengan memblokir situs.
(4) Di masyarakat perlu dilakukan literasi digital agar tidak mudah terjebak dan menyebarkan hoaks.

Pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan isi teks ditandai dengan nomor (pilih 2 nomor)
….
□ (1)
□ (2)
□ (3)
□ (4

Download lengkap Soal Asesmen Literasi dan Numerasi kelas 9 SMP pada link berikut:


Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Soal AKM Literasi dan Numerasi BHS Indonesia Tingkat SMP Kelas 9"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel