Pengertian, Klasifikasi dan Perbedaan Zat atau Materi - Guru Santai

Pengertian, Klasifikasi dan Perbedaan Zat atau Materi

Pengertian Zat atau Materi - Menurut sains, pengertian zat atau materi adalah sesuatu yang menempati ruang serta memiliki massa. Menempati ruang, yang artinya zat memiliki volume, sedangkan yang dimaksud dengan massa adalah zat memiliki berat.Jadi semua yang menempati ruang dan memiliki massa disebut materi atau zat atau bisa disebut juga benda.

Mengutip Kemdikbud RI, alam semesta terdiri atas planet-planet, salah satunya adalah Bumi yang menjadi tempat tinggal manusia.

Materi di alam semesta sangat beragam, yang terdiri atas unsur air, udara, tanah dan api. Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang.


Klasifikasi zat/materi 

Para ilmuwan melakukan klasifikasi materi bertujuan agar lebih mudah dipelajari dan disusun secara sistematis. Berdasarkan wujudnya, materi dapat dikelompokkan menjadi zat padat (solid), zat cair (liquid), dan zat gas.

Zat padat

Menurut KBBI, zat padat adalah bahan dalam bentuk keras, bentuknya tetap tidak berubah. Contoh zat padat adalah beberapa jenis logam seperti besi, emas, dan seng.

Zat cair

Menurut KBBI, zat cair adalah bahan dalam bentuk yang mudah mengalir dan mencari tempat terendah, bisa dianggap sebagai bentuk antara (antara bentuk padat dan gas). Contoh zat cair adalah air, minyak goreng, bensin.

Zat gas

Menurut KBBI, gas adalah zat ringan yang sifatnya seperti udara (dalam suhu biasa tidak menjadi cair). Contoh zat gas adalah udara, asap, uap air.

Perbedaan antara zat padat, cair, dan gas:

Zat padat
  • Mempunyai bentuk dan volume tertentu;
  • Jarak antarpartikel zat padat sangat rapat;
  • Partikel-partikel zat padat tidak dapat bergerak bebas.
Zat cair
  • Mempunyai volume tertentu, tetapi tidak mempunyai bentuk tetap, 
  • bergantung pada media yang digunakan;
  • Jarak antarpartikel zat cair lebih renggang;
  • Partikel-partikel zat cair dapat bergerak bebas namun terbatas.
Zat gas
  • Tidak mempunyai volume dan bentuk yang tertentu;
  • Jarak antarpartikel gas sangat renggang;
  • Partikel-partikel gas dapat bergerak sangat bebas.


Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Pengertian, Klasifikasi dan Perbedaan Zat atau Materi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel