Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Sejarah - Guru Santai

Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Sejarah

Pengertian, Kegunaan, fungsi dan manfaat sejarah bagi kehidupan - Sejarah merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari peradaban manusia yang terus berkembang dan berevolusi. Sebagai makhluk yang hidupnya dinamis, manusia akan menciptakan sejarah dan kemudian bermanfaat bagi kehidupan sekarang dan masa datang.


Kegunaan sejarah 

Secara sederhana, Louis Gotschalk membagi kegunaan sejarah dalam 4 bagian yaitu :

1. Rekreatif, artinya dengan membaca atau mempelajari sejarah, kita seolah-olah dibawa berpetualang menembus dimensi ruang dan waktu. Tanpa beranjak dari tempat, kita dibawa oleh sejarah untuk menyaksikan peristiwa-peristiwa yang jauh dari kita yang mungkin saja kita tidak tahu tempatnya atau kita tidak pernah ikut menyaksikan kejadian tersebut.

2. Inspiratif, dalam hal ini suatu karya sejarah dapat memberikan inspirasi kepada para pembacanya atau yang mempelajarinya.

3. Instruktif, bermaksud memberikan pelajaran mengenai suatu keterampilan atau pengetahuan ( pengajaran ) tertentu misalnya pengetahuan tentang taktik perang.

4. Edukatif, berguna untuk mendapatkan kearifan dari masa lampau untuk melangkah ke masa depan. Contoh adanya slogan “jangan sekali-kali melupakan sejarah”.

Menurut Travelyan belajar sejarah mempunyai 3 kegunaan antara lain :
  • Ilmiah yaitu berupa pengumpulan fakta dan penyaringan bukti.
  • Imajinatif yaitu menyeleksi dan mengkategorikan fakta yang telah dikumpulkan dan mengambil satu kesimpulan
  • Sastra yaitu penyajian hasil ilmu dan daya angan dalam bentuk yang menarik

Fungsi sejarah

Fungsi sejarah dibagi menjadi dua yaitu fungsi instrinsik dan fungsi ekstrinsik

1.  Fungsi instrinsik

Sejarah sebagai ilmu

Artinya sejarah merupakan ilmu yang terbuka, di mana setiap orang tanpa terkecuali bisa mempelajari dan menggunakan sejarah sebagai ilmu. Sejarah sebagai ilmu juga berarti tiap orang bisa turut serta dalam perkembangan sejarah.

Sejarah sebagai pernyataan pendapat

Artinya sejarah digunakan sebagai teori dan ilmu dalam penyampaian pendapat. Namun, penggunaannya harus disesuaikan dengan pendapat yang akan disampaikan.

Sejarah sebagai profesi

Artinya banyak profesi atau pekerjaan yang berkaitan dengan sejarah, seperti guru sejarah, dosen sejarah, sejarawan, penulis, peneliti, dan lain sebagainya. Adanya profesi yang berkaitan dengan sejarah membuktikan jika sejarah bukanlah sekadar ilmu, namun suatu ilmu yang juga bisa diterapkan serta berguna bagi kehidupan manusia.

Sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau

Artinya sejarah digunakan untuk mencari tahu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau. Harapannya setelah mengetahui peristiwa tersebut, manusia bisa menjadikannya sebagai pengalaman dan pembelajaran.

2.  Fungsi ekstrinsik

memberikan kebermanfaatan untuk banyak orang melalui perkembangan ilmu lain. Sejarah kemudian masuk ke semua lini kajian ilmu untuk mengungkapkan pengetahuan kepada orang banyak. Misalnya ilmu pendidikan, filsafat, moral, etika, estetika atau seni, sampai ilmu eksakta.

Baca juga:

Manfaat sejarah bagi kehidupan 


Selain memiliki fungsi intrinsic dan ekstrinsik yang sifatnya public, sejarah juga bisa bermanfaat bagi kehidupan seseorang secara pribadi. Sejarah dapat menjelma menjadi nilai yang hidup berdampingan dengan manusia. Berikut ini manfaat sejarah yang perlu Grameds ketahui agar lebih menghargai sejarah dan maknanya untuk terus dilestarikan:

1. Peneguh Hati

Setiap manusia memerlukan ketenangan dan keteguhan hati untuk menjalani hidup, maka dengan penguasaan sejarah manusia bisa lebih memaknai apa yang sedang ia lakukan saat itu secara sadar.

2. Bermanfaat Untuk Pengajaran

Sejarah dapat menjadi pelajaran bagi manusia untuk melakukan sesuatu di masa depan atau sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan. Sejarah secara pribadi dapat dimaknai sebagai pengalaman hidup ruang, waktu, meskipun mungkin bukan dia yang mengalaminya. Sejarah bisa menjadi sumber informasi bagi seseorang untuk mengenal banyak hal yang bisa mempengaruhi jalan hidupnya.

3. Sebagai Peringatan

Sejarah mewakili peristiwa yang pernah terjadi masa lalu, baik yang sifatnya positif atau negative itu tetap bernama sejarah yang sudah terjadi. Hal tersebut dapat mengingatkan seseorang untuk memetik sinyal dalam situasi tertentu berdasarkan kejadian yang sudah pernah terjadi.

4. Sebagai Sumber Kebenaran

Setiap manusia pasti membutuhkan kebenaran untuk menjalankan kehidupannya, maka sejarahlah yang membuktikan bahwa seseorang harus memahami sesuatu agar bisa bertahan hidup. Sejarah dapat berguna sebagai pemenuhan kebutuhan intelektual manusia sebagai makhluk berakal dan terus berpikir dinamis.

5. Bermanfaat Untuk Masa Depan

Sejarah selain menjadi sumber informasi juga dapat menjadi inspirasi dan instruksi untuk menjalani kehidupan di masa datang. Ada pepatah yang mengatakan bahwa sejarah atau masa lalu adalah pelajaran berharga untuk berkembang di masa depan. Jadi seseorang bisa menggunakan pengalamannya untuk menentukan masa depannya.


Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Sejarah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel