Energi yang dibutuhkan makhluk hidup - Guru Santai

Energi yang dibutuhkan makhluk hidup

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Dengan asupan makanan yang baik dan cukup, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

zat makanan yang berperan dalam tubuh


Berikut ini zat makanan yang memiliki peran dalam tubuh yaitu:

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa kimia yang tersusun atas unsur-unsur karbon. Karbohidrat memiliki peran sebagai sumber energi.

Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti: beras, jagung, kentang, gandum, umbi-umbian dan buah-buahan yang rasanya manis.

2. Protein

Protein merupakan senyawa kimia yang memiliki fungsi sebagai sumber energi, pembangunan sel jaringan tubuh, dan pengganti sel tubuh yang rusak.

Bahan makanan yang mengandung banyak protein terdapat dalam :
  • Protein hewani seperti daging, ikan, susu, telur dan keju
  • Protein nabati seperti tahu, tempe dan gandum.
3. Lemak

Lemak merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H dan O. 

Dimana peran lemak sebagai berikut:
  • Sebagai sumber energi,
  • Sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K
  • Sebagai pelindung organ-organ tubuh yang penting
  • Sebagai pelindung tubuh dari suhu yang rendah.
Dimana bahan makanan yang banyak mengandung lemak terdapat dalam :
  • Lemak hewani, seperti keju, susu, daging dan kuning telur.
  • Lemak nabati, seperti kelapa, kemiri, kacang-kacangan dan buah alpukat

Baca juga:



Tranformasi Energi dalam Sel

Pada makhluk hidup heterotrof, energi bersumber dari makanan yang dikonsumsi. Energi ini akan mengalami transformasi mulai dari energi potensial berupa energi kimia makanan menjadi energi panas dan energi kinetic. Transformasi energi tersebut terjadi didalam sel.

Cara transformasi energi dalam sel:

1. Transformasi Energi oleh Klorofil

Klorofil ialah zat hijau daun yang terdapat dalam organel sel tumbuhan yang disebut dengan kloroplas. Dimana klorofil ini berfungsi dalam proses fotosintesis.

Energi radiasi sinar matahari ditangkap oleh klorofil untuk dapat mereaksikan karbon dioksida dengan hidroksida (air) menjadi glukosa. Selain menghasilkan glukosa, fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk melakukan aktivitas seperti tumbuh, berkembang dan bernapas.

Energi radiasi matahari yang berbentuk energi cahaya diubah menjadi energi potensial dan energi kimiawi disimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya. Dimana energi ini dimanfaat oleh tumbuhan itu sendiri serta dimanfaat oleh makhluk hidup lain yang mengkonsumsinya.

2. Transformasi Energi oleh Mitokondria

Mitokondria ialah organel yang terdapat di dalam sel yang memiliki peran dalam proses respirasi sel. Dimana dalam mitokondria, energi kimia digunakan untuk mengubah karbohidrat, protein dan lemak.

Metabolisme Sel

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi didalam tubuh sel makhluk hidup. Metabolisme terdiri dari reaksi pembentukan sintesis (anabolisme) seperti fotosintesis dan reaksi pengurai (katabolisme) seperti respirasi.

1. Fotosintesis

Fotosintesis merupakan perubahan energi cahaya menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa.

Pada proses fotosintesis yang terjadi dalam daun, terjadi reaksi kimia antara senyawa air (H2O) dan karbon dioksida (CO2) dibantu oleh cahaya matahari yang diserap oleh klorofil menghasilkan oksigen (O2) dan senyawa glukosa (C6H12O6).

2. Respirasi

Respirasi ialah suatu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen. Dari respirasi dihasilkan energi kimia untuk kegiatan kehidupan, seperti sintesis (anabolisme), gerak dan pertumbuhan.


Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Energi yang dibutuhkan makhluk hidup "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel