Contoh Soal Asesmen Teks Informasi - Literasi - Guru Santai

Contoh Soal Asesmen Teks Informasi - Literasi

Soal Asesmen Literasi beserta jawabannya - atau penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar murid. Prinsip asesmen adalah sebagai berikut:
  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk guru, murid, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
  2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya, dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai ke depannya.
  4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian murid bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.
  5. Hasil asesmen digunakan oleh murid, guru, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Asesmen Teks Informasi - Literasi - Fase F (Kelas 11 & 12)

  1. Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 soal)
  2. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 soal)
  3. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 soal)
  4. Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 soal)
  5. Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 soal)
  6. Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 soal)
  7. Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya. (1 soal)
  8. Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi. (1 soal)

Contoh Soal Asesmen Teks Informasi - Literasi Jenjang SMA Fase F

Wacana 1: Pekerjaan yang Paling Cocok untuk Milenial

Generasi milenial menjadi salah satu pencari kerja yang aktif saat ini, mengingat sebagian memang telah dalam usia lulus kuliah dan siap untuk bekerja. Berbeda dengan generasi sebelumnya, milenial memang dikenal dengan pola hidup yang praktis dan lebih modern. Ada banyak jenis pekerjaan yang sekarang ini paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan cocok buat para milenial. Mengingat gaya hidup generasi milenial ini yang lebih suka nomaden alias berpindah tempat atau tidak bekerja di dalam kantor. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut delapan pekerjaan yang banyak dibutuhkan dan cocok buat para milenial setelah lulus kuliah.

1. Software Engineer (Teknisi Komputer)

Pesatnya perkembangan teknologi digital menjadi salah satu angin segar bagi lulusan IT. Hingga saat ini, tenaga di bidang yang satu ini masih sangat banyak dibutuhkan. Tidak harus selalu berada di kantor, sebagian teknisi komputer bahkan menjalani pekerjaan mereka sebagai pekerja lepas (freelancer).

2. Desainer Grafis

Jika belasan tahun lalu pekerjaan ini kurang diminati, maka perkembangan teknologi digital telah membawa banyak perubahan saat ini. Perancang grafis (desainer grafis) kini lebih diminati dan lebih banyak dibutuhkan. Bertransformasi menjadi lebih modern dan canggih, pekerjaan ini cocok bagi para milenial serta banyak dibutuhkan oleh perusahaan

3. Analis Investasi Perbankan

Dunia investasi juga mengalami banyak perubahan sebab saat ini lebih banyak orang yang melek dengan aktivitas keuangan. Menjadi analis investasi perbankan merupakan pekerjaan yang penuh tantangan sekaligus cukup menjanjikan.

4. Account Executive (Pencari Klien/Pelanggan)

Penghasilan yang besar dan juga lingkungan kerja yang menyenangkan menjadi salah satu hal menarik di dalam pekerjaan ini. Bagi Anda para milenial yang berniat untuk mengejar jenjang karier dengan cepat, maka menjadi seorang Accout Executive adalah pilihan yang sangat tepat.

5. Asisten Perencanaan Media

Asisten Perencanaan Media juga menjadi awal karier yang baik dan sangat menantang, terutama bagi milenial yang suka melakukan penelitian dan analisis.

6. Pengelola Media Sosial

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga untuk mengisi sebagai pengelola media sosial Social Media Specialist. Maklum saja, bukan hanya orang pribadi, perusahaan pun butuh dikenal di kalangan netizen. Media sosial merupakan alat yang cukup efektif dan efisien untuk itu. Jenis pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja, tidak harus ngantor.

7. Analis Bisnis

Bukan hanya menarik, pekerjaan menjadi analis bisnis tentu menjanjikan penghasilan yang cukup besar. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini, berbagai peluang usaha juga mudah didirikan. Kebutuhan akan keterampilan dari seorang analis bisnis ini sangat dibutuhkan banyak perusahaan.

8. Content Writer (Penulis Konten)

Pekerjaan sebagai penulis konten (content writer) ini juga menjajikan dan lingkungan kerja yang cocok untuk para milenial karena bisa dilakukan secara kerja lepas (freelance). Ada banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja untuk posisi content writer


Wacana 2: Opini generasi milenial terhadap pekerjaan

Opini Alif:

Menurutku pekerjaan yang paling cocok untuk generasi milenial adalah menjadi Software Engineer dan Desainer Grafis. Kita tahu bahwa sekarang adalah era digital, bidang apapun menggunakan aplikasi komputer. Menjadi software engineer maupun desainer grafis tidak perlu setiap hari ngantor dari pagi sampai sore. Waktu yang fleksibel dan penuh tantangan akan membuat hidup para milenial lebih bermakna.

Opini Udin:

Pekerjaan yang paling cocok untuk para milenial menurutku adalah analis investasi perbankan dan analis bisnis. Bisnis dan perbankan adalah penyangga perekonomian masyarakat yang tidak ada matinya. Anak-anak muda akan memiliki andil besar jika menekuni bidang ini. Pekerjaan ini juga memungkinkan koneksi di semua negara. Jadi, bekerja bisa dilakukan sekalian jalan-jalan ke luar kota maupun ke luar negeri.

Opini Aisha:

Anak milenial cocoknya bekerja yang bikin happy, gak pusing, bisa sambil santai. Apa itu? Pengelola media sosial dan penulis konten adalah jawabnya. Pekerjaan ini bisa dilakukan sambil ngopi di kafe, tiduran di kamar, jalan-jalan, ataupun nongkrong di manapun. Selain itu, ada kepuasan batin jika sudah berkarya semacam tulisan ataupun video.

Soal Asesmen Teks Informasi - Literasi 

Soal 1. Apa saja yang membuat jenis pekerjaan di era generasi milenial berbeda dengan generasi sebelumnya?
  • A. Generasi milenial tidak suka bekerja di dalam kantor.
  • B. Generasi milenial tidak mengenal pekerjaan konvensional.
  • C. Gaya hidup generasi milenial susah diikuti oleh generasi sebelumnya.
  • D. Gaya hidup generasi milenial saat ini lebih suka nomaden.
  • E. Generasi milenial memiliki pola hidup yang praktis dan lebih modern.

Soal 2. Tenaga pengelola media sosial adalah salah satu jenis pekerjaan yang diminati generasi milenial.Informasi yang mendukung pernyataan tersebut adalah ...
  • A. Pekerjaan ini penuh dengan tantangan dan penghasilan yang cukup menjanjikan.
  • B. Bekerja sebagai tenaga pengelola media sosial mempermudah peningkatan jenjang karir.
  • C. Pekerjaan ini memberikan penghasilan tinggi dan lingkungan kerja yang menyenangkan.
  • D. Pekerjaan ini sangat menarik dan memberikan penghasilan yang cukup tinggi.
  • E. Jenis pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja tanpa mengharuskan bekerja dari kantor.

Soal 3. Sesuai dengan informasi pada wacana 1, terdapat delapan pekerjaan yang banyak dibutuhkan dan cocok untuk para milenial setelah lulus kuliah. Kesimpulan mana saja yang sesuai dengan opini kaum milenial pada wacana 2?Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!
  • A. Pekerjaan sebagai software engineer (teknisi komputer), pengelola media sosial, dan content writer (penulis konten) dapat dilakukan secara kerja lepas.
  • B. Pekerjaan sebagai asisten perencanaan media, pengelola media sosial, dan analis bisnis menjanjikan penghasilan yang cukup besar.
  • C. Pekerjaan sebagai desainer grafis, account executive dan analis investasi perbankan lebih menuntut kemampuan penguasaan teknologi.
  • D. Pekerjaan sebagai desainer grafis, pengelola media sosial, dan content writer (penulis konten) merupakan pekerjaan yang tidak terikat tempat dan waktu.
  • E. Pekerjaan sebagai analis investasi perbankan, account executive (pencari klien/pelanggan), dan asisten perencanaan media berpeluang besar bekerja di kancah internasional.

Soal 4. Menurutmu, pernyataan yang tepat untuk menjelaskan kesesuaian ilustrasi dalam menyampaikan topik tentang pekerjaan yang cocok untuk milenial adalah ...
  • A. Warna ilustrasi tidak berkaitan dengan pekerjaan milenial tetapi contoh pekerjaan tergambar dengan baik.
  • B. Tata letaknya kurang bagus dan proporsional walaupun contoh pekerjaan sudah mewakili wacana 1.
  • C. Tulisan sangat jelas dan terbaca dengan tata letak gambar yang proporsional karena semua ruang terisi.
  • D. Contoh-contoh pekerjaan yang ditampilkan tidak menggambarkan maksud dari tema pekerjaan milenial.
  • E. Contoh pekerjaan kurang lengkap tetapi tata letak gambar sudah proporsional karena semua ruang terisi.

Soal 5. Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi milenial memang dikenal dengan pola hidup yang praktis dan lebih modern. Hal ini tercermin pada opini generasi milenial pada wacana 2. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!
  • A. Milenial banyak yang lebih tertarik pada pekerjaan konvensional dengan kestabilan pendapatan.
  • B. Milenial tidak menyukai birokrasi yang menghambat pengambilan keputusan yang seharusnya cepat.
  • C. Milenial lebih bergantung pada teknologi mobile dalam menunjang fleksibilitas pekerjaannya.
  • D. Milenial memanfaatkan sumber daya manusia yang lebih loyal dalam pembagian tugas kerja.
  • E. Milenial tidak ingin merasa terikat pada tempat kerja tertentu dalam menjalankan pekerjaannya.


Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Contoh Soal Asesmen Teks Informasi - Literasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel