Contoh Jawaban LK 2.1 Identifikasi Masalah dan Rencana Aksi PPG Daljab - Guru Santai

Contoh Jawaban LK 2.1 Identifikasi Masalah dan Rencana Aksi PPG Daljab

Jawaban LK 2.1 Identifikasi Masalah dan Rencana Aksi PPG Daljab 2022  - Setelah Bapak / Ibu peserta PPG menyelesaikan LK 1. Identifikasi Masalah, pada kegiatan selanjutnya yaitu menyelesaikan LK. 2.1 atau Lembar Kerja 2.1 Identifikasi dan rencana aksi. Pada LK. 2.1 peserta PPG diminta untuk mengumpulkan data observasi, mengidentifikasi masalah, dan merumuskan masalah dalam pembelajaran.




Berikut merupakan langkah-langkah kegiatan yang harus bapak/ibu lakukan:

  1. Peserta PPG melakukan observasi atau pengamatan kelas/visual/audio visual/ audio / laporan atau kasus-kasus dalam pelaksanaan pembelajaran dilapangan/disekolah masing-masing sesuai dengan mapel yang diampu.
  2. Melakukan analisis kompetensi atau capaian pembelajaran mata pelajaran yang akan diampu.
  3. Berdiskusi dengan mahasiswa lainnya, Dosen dan Guru Pamong, atau studi referensi untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab permasalahan dan pencapaian pembelajaran.
  4. Menuangkan berbagai permasalahan pembelajaran ke dalam format analisis penyebab permasalahan yang ditemukan.


Sebagai panduan dan sumber referensi bagi Bapak / ibu peserta PPG berikut Guru Santai sediakan contoh jawaban lembar kerja atau LK 2.1. Identifikasi Masalah dan Rencana Aksi untuk menuangkan hasil kegiatan.


Data Observasi

  1. Siswa pasif dalam pembelajaran
  2. Nilai peserta didik banyak yang dibawah KKM
  3. Kurangnya antusias siswa dalam KBM
  4. Siswa kesulitan menulis dan menggambar diagram batang
  5. Hasil evaluasi siswa menyatakan, beberapa siswa sulit Menghafal dan mengidentifikasi arah mata angin sesuai dengan mata angin dan denah
  6. Hasil evaluasi siswa sulit Membedakan penerapan nilai- nilai pancasila terutama sila kedua dan ke lima dalam kehidupan sehari- hari
  7. Guru mengajar dengan gaya yang monoton sehingga membuat siswa bosan (Menjelaskan dengan metode ceramah dan siswa disuruh menyimak buku, menyuruh mengerjakan latihan soal dan melaksanakan ulangan). Siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
  8. Banyak siswa yang kurang memahami materi, namun malu untuk bertanya
  9. Guru masih kurang maksimal dalam menjelaskan dan memberikan contoh langsung dalam menghafal dan mengidentifikasi arah mata angin sesuai dengan mata angin dan denah
  10. Guru kurang jelas dalam memberikan contoh yang mudah dicerna siswa dalam penerapan sila-sila pancasila

Rumusan Masalah

  1. Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi dalam mengikuti belajar IPS pada siswa kelas 5 dan dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa kelas 5?
  2. Apakah penggunaan media PPT dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam materi diagram batang?
  3. Apakah penggunaan vidio animasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap arah mata angin dan denah?
  4. Apakah penggunaan vidio pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang penerapan- penerapan sila pancasila dalam kehidupan sehari- hari?

Rencana Aksi/Solusi

  1. Menyiapkan rancangan pembelajaran mencakup metode, media dan strategi mengajar yang dapat menggugah keaktifan siswa sehingga siswa bersemangat dalam belajar dan merasa terlibat dalam pembelajaran.
  2. Dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS materi keragaman penampakan alam dan buatan kelas V SD,siswa diharapkan bisa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangan agar tidak menjadi beban bagi siswa dan mampu meningkatkan prestasi hasil belajar siswa
  3. Merancang pembelajaran yang berinovasi, misalnya menggunakan PPT dengan gambar- gambar animasi
  4. Merancang pembelajaran yang mudah untuk dipahami siswa menggunakan metode yang tepat
  5. Merancang media yang diminati siswa
  6. Menggunakan aplikasi PPT untuk membuat diagram batang
  7. Menggunakan vidio animasi pembelajaran tentang materi arah mata angin dan denah
  8. Menggunkan vidio pembelajaran tentang sikap- sikap yang menerapkan sila- sila pancasila dalam kehidupan sehari- hari (fokus sila ke 2 dan ke 5)

Kumpulan Soal dan Jawaban Lengkap Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka pada Platform Merdeka Mengajar Dapat Bapak / Ibu lihat dengan cara klik gambar berikut ini :

 




Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Contoh Jawaban LK 2.1 Identifikasi Masalah dan Rencana Aksi PPG Daljab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel