Alur tujuan pembelajaran (ATP) SMP Kelas 7, 8, 9 - Guru Santai

Alur tujuan pembelajaran (ATP) SMP Kelas 7, 8, 9

Unduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata Pelajaran Informatika Kelas 7,8,9 Fase D Kurikulum Merdeka - Dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) menggunakan model pembelajaran yang aktif. Siswa diberi kebebasan untuk menyampaikan pendapat dan berfikir secara keras ntuk mengembangkan materi yang akan disampaikan oleh guru.

ATP ini sudah disusun untuk menentukan arah model pembelajaran bagi guru. Guru dapat memilih alur yang sekiranya sesuai dengan keadaan lingkungan sekolah dan keadaan masing-masing siswa di setiap fasenya.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disampaikan dengan detail sehingga akan terlihat arah dan tujuan untuk mencapai kopmetensi di setiap jenjang fasenya.


Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran/ ATP

Langkah berikutnya dalam perencanaan pembelajaran adalah menyusun alur tujuan pembelajaran. Alur tujuan pembelajaran sebenarnya memiliki fungsi yang serupa dengan apa yang dikenal selama ini sebagai “silabus”, yaitu untuk perencanaan dan pengaturan pembelajaran dan asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun.

Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan:
  1. Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum bukan tujuan pembelajaran harian (goals, bukan objectives);
  2. Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan;
  3. Alur tujuan pembelajaran perlu dikembangkan secara kolaboratif, (apabila guru mengembangkan, maka perlu kolaborasi guru lintas kelas/tingkatan dalam satu fase. Contoh: kolaborasi antara guru kelas I dan II untuk Fase A.
  4. Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran. Oleh karena itu sebaiknya dikembangkan oleh pakar mata pelajaran, termasuk guru yang mahir dalam mata pelajaran tersebut;

Download Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata Pelajaran Informatika Kelas 7,8,9 Fase D Kurikulum Merdeka


Alur tujuan pembelajaran (ATP) diturunkan dari capaian pembelajaran (CP) yang terdiri dari elemen - elemen yang dikembangkan pada setiap semester. Alur pembelajaran lebih fleksibel agar dapat diganti dan di kendalikan oleh masing-masing satuan pendidikan ataupun guru sehingga dapat mengakomodir kebutuhan peserta didik.

Bagi Bapak/Ibu yang memerlukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Jenjang SMP silahkan unduh pada tautan berikut: 



Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Alur tujuan pembelajaran (ATP) SMP Kelas 7, 8, 9 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel