Aliran Energi dalam Ekosistem - Guru Santai

Aliran Energi dalam Ekosistem

Pengertian dan contoh aliran energi - Pada dasarnya, setiap makhluk hidup membutuhkan energi. Manusia, tumbuhan, hewan, semua bergantung pada energi, karena energi merupakan kebutuhan utama. Manusia mendapatkan energi dari mana? jelas dari apa yang dikonsumsinya, bisa dari hewan, bisa juga dari tumbuhan. Lalu, bagaimana dengan tumbuhan dan hewan?

Apa sebenarnya pengertian aliran energi? Pengertian aliran energi adalah rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lainnya. Dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen, ke konsumen primer (herbivora), ke konsumen tingkat tinggi (karnivora).

Energi dapat berubah menjadi bentuk lain, seperti energi kimia, energi mekanik, energi listrik, dan energi panas. Perubahan bentuk energi menjadi bentuk lain ini dinamakan transformasi energi.



Produktivitas Ekosistem dalam Aliran Energi 


Sumber energi utama bagi kehidupan adalah cahaya Matahari. Energi cahaya Matahari masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen yang diubah menjadi energi kimia tersimpan di dalam senyawa organik.

Energi kimia mengalir dari produsen ke konsumen dari berbagai tingkat tropik melalui jalur rantai makanan. Energi kimia tersebut digunakan organisme untuk pertumbuhan dan perkembangan. Maksud dari tingkatan trofik adalah pengelompokan organisme berdasarkan posisinya dalam rantai makanan.

Kemampuan organisme-organisme dalam ekosistem untuk menerima dan menyimpan energi dinamakan produktivitas ekosistem. 

Produktivitas ekosistem terdiri dari :
  1. produktivitas primer dan 
  2. produktivitas sekunder'serta konsumen final.
Produktivitas primer adalah kecepatan organisme autotrof sebagai produsen mengubah energi cahaya Matahari menjadi energi kimia dalam bentuk bahan organik. Hanya sebagian kecil energi cahaya yang dapat diserap oleh produsen.

Produktivitas sekunder (PS) adalah kecepatan organisme heterotrof mengubah energi kimia dari bahan organik yang dimakan menjadi simpanan energi kimia baru di dalam tubuhnya. Energi kimia dalam bahan organik yang berpindah dari produsen ke organisme heterotrof (konsumen primer) dipergunakan untuk aktivitas hidup dan hanya sebagian yang dapat diubah menjadi energi kimia yang tersimpan di dalam tubuhnya sebagai produktivitas bersih

Contoh Aliran Energi dalam Ekosistem 


Peran cahaya matahari dalam mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah sebagai salah satu syarat untuk terjadinya fotosintesis. Dalam proses inilah energi dari matahari akan diubah dalam bentuk energi kimia yang dapat digunakan oleh heterotrof melalui rantai makanan. Efisiensi fotosintesis tumbuhan sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup

Rantai makanan merupakan contoh dari adanya aliran energi yang sedang terjadi dalam sebuah ekosistem.
  • Contoh aliran energi dalam ekosistem darat: matahari - sawi - ulat - burung pipit - burung elang.
  • Contoh aliran energi dalam ekosistem perairan: matahari - fitoplankton - siput - ikan - hiu.

Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Aliran Energi dalam Ekosistem "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel