Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli - Guru Santai

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli


Materi Sejarah SMA/SMK kelas X - Pengertian Sejarah adalah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan-peninggalan itu disebut sumber sejarah. Sejarah dapat dipahami kedalam pengertian objektif, yaitu mengacu pada kisah yang sebenarnya terjadi.

Dalam sejarah, ada 3 aspek yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya, yaitu:


a.      Masa Lalu, yaitu gambaran mengenai kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau. Melalui gambaran masa lalu maka generasi berikutnya akan dapat merumuskan hubungan sebab akibat terjadinya suatu peristiwa. Dan tidak semua peristiwa atau kejadian dapat tercatat dalam sejarah.


b.     Masa Kini, yaitu masa dimana manusia mengalami masa yang terbaru dan merupakan masa yang sangat penting karena dapat menentukan masa depan. Manusia di masa kini memakai sumber pemahaman dari peristiwa di masa lalu sebagai cerminan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


c.      Masa Depan, yaitu masa yang akan datang dimana segala sesuatu itu belum terjadi, dan segala sesuatu yang dilakukan pada masa kini akan mempengaruhi masa depan.




Adapun pengertian / definisi sejarah menurut ahli, adalah antara lain menurut:


·         Herodotus

Seorang Sejarawan pertama dunia berkebangsaan Yunani yang dikenal sebagai Bapak Ilmu Sejarah (The Father of History) mengemukakan bahwa “SEJARAH tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti, tetapi bergerak seperti lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.”


·         Aristoteles

Menurut Aristoteles, pengertian sejarah adalah satu sistem yang meneliti satu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi.


·         Ibnu Khaldun

Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia yakni tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.


·         Mr. Mohammad Yamin

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan tentang kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang lampau, sebagai hasil penyelidikan bahan tulisan dan tanda-tanda lainnya.


·         W.J.S Poerwadarminta

W.J.S Poerwadarminta mengemukakan tiga pengertian sejarah yakni :

a. Sejarah berarti silsilah atau asal-usul

b. Sejarah berarti kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.


c. Sejarah berarti ilmu, pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.


·         R. Moh. Ali

dalam bukunya “Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia” Sejarah mengandung arti :

a.    Perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa nyata di sekitar kita.

b.   Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

c.    Ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut

0 Response to "Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel