Materi Sejarah Kelas X SMK Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Materi Sejarah Kelas X SMK Kurikulum Merdeka

 

Donwload Buku Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka Kelas X SMK - Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pepajaran yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Mata pelajaran “Sejarah” dalam buku ini mengkaji manusia dalam ruang dan waktu terutama konteks Indonesia. Selaras dengan ujung dari tujuan.

Capaian Pembelajaran (CP) Sejarah bahwa pembelajaran sejarah yang berorientasi pada keterampilan berpikir secara alamiah akan mendorong pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.

Ilmu sejarah sebagai ilmu yang mempelajari peristiwa, manusia dan masyarakat di masa lampau, berupaya disampaikan dengan menarik dan kontekstual dengan masa kini. Harapannya, peserta didik tertarik belajar sejarah bukan karena keharusan dalam struktur kurikulum. Namun, peserta didik membutuhkan belajar sejarah untuk mendapatkan pengetahuan demi kebaikan masa kini dan mendatang.

Pada akhir pembelajaran, peserta didik diharapkan memiliki keterampilan konsep sejarah, keterampilan berpikir sejarah, kesadaran sejarah, keterampilan praktis sejarah dan penelitian sejarah.

Materi Sejarah Kelas X
  • Pengantar ilmu sejarah
  • Manfaat ilmu sejarah
  • Manusia sebagai penggerak, pelaku dan saksi sejarah
  • Diakronik (kronologi) dan sinkronik dalam sejarah
  • Penelitian sejarah
  • Penulisan sejarah
  • Sejarah dan teori sosial
Pertanyaan Kunci:
  • Bagaimana peristiwa pada masa lalu relevan untuk menjelaskan berbagai peristiwa pada masa kini?
  • Bagaimana kehidupan manusia dan suatu masyarakat terekam dalam lintasan waktu?
Kata kunci:
  • Sejarah, Manusia, Diakronis, Sinkronis, Kronologi,
  • Historiografi, Sumber sejarah.

Dalam kesempatan yang baik ini Guru Santai ingin berbagi informasi sebagai bahan referensi bapak / ibu guru mengenai Buku Siswa Mata pelajaran Sejarah SMK kelas X Kurikulum Merdeka. Bagi Bapak / Ibu guru yang memerlukan silahkan Unduh pada link berikut :

Donwload Buku Siawa Mata Pelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka

Demikian informasi tentang Buku Siswa Mata pelajaran Sejarah SMK kelas X Kurikulum Merdeka yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Materi Sejarah Kelas X SMK Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel