Manusia Dalam Asal Usul Nenek Moyang dan Jalur Rempah 3 - Guru Santai

Manusia Dalam Asal Usul Nenek Moyang dan Jalur Rempah 3

 

Dengan jatuhnya Malaka ke tangan Portugis maka berakhir pulalah jalur perdagangan rempah-rempah yang berpusat di Malaka. Jatuhnya Malaka ke tangan kekuatan non muslim yang bersikap bermusuhan dengan para pedagang Islam menyebabkan pedagang Islam mencari kota-kota dagang lain yang bisa dijadikan tempat kegiatan perdagangan. 



Faktor tersebut yang menjelaskan mengapa sejak awal abad ke-16 muncul pusat-pusat perdagangan baru di Kepulauan Indonesia untuk menggantikan Malaka. 

Sejak saat itu fungsi sebagai pusat perdagangan di Asia Tenggara yang dulu hanya dijalankan oleh Malaka kemudian dijalankan paling tidak oleh tiga kota pelabuhan utama, yaitu Aceh di ujung utara Pulau Sumatera, Banten di ujung barat Pulau Jawa, dan Makassar di ujung selatan Pulau Sulawesi.

Kemunculan kota-kota pelabuhan Baru bersamaan momentumnya dengan periode ekspansi negara-negara Eropa

Ketika orang-orang Portugis dan Spanyol sampai di Maluku, kerajaan Ternate dan Tidore sedang terlibat dalam persaingan untuk mendapatkan dominasi politik dan penguasaan perdagangan rempah-rempah di daerah Maluku dan pulau-pulaudi Laut Banda. 

Bagi kedua kerajaan tersebut kehadiran bangsa Eropa berarti kedatangan sekutu baru yang kuat yang dapat berguna dalam persaingan mereka. Dalam persaingan ini Ternate akhirnya keluar sebagai pemenang dengan memanfaatkan kekuatan Portugis di Maluku. 

pada tahun 1601 empat belas buah kapal ekspedisi diberangkatkan dari Belanda dengan tujuan ke Maluku. 

Dalam rangka mengorganisir perdagangan rempah-rempah serta menghindarkan persaingan di antara perusahaan-perusahaan swata, padatahun 1602 pemerintah Belanda mendirikan VOC (Verenigde Oost-Indische Compagnie). 

Untuk menjamin kelancaran perdagangan rempah-rempah, sejakawal abad 17 VOC telah berhasil menjalin kerjasama dengan ketiga kerajaandi Maluku Utara (Ternate, Tidore dan Bacan). 

Dalam perkembangannya wilayah VOC semakin luas dan memindahkan pusat kekuasaannya ke Batavia dan menjadi cikal-bakal penjajahan Belanda di Indonesia.



Baca Juga

Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Manusia Dalam Asal Usul Nenek Moyang dan Jalur Rempah 3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel